OLAHRAGA

Meski Sakit, Atlet Wushu Indonesia Edgar Raih Perak di Asian Games

Longtime.id – Atlet wushu Indonesia Edgar Xavier Marvelo meraih medali perak Asian Games 2023 meski tampil dalam kondisi kurang ideal setelah menjalani operasi pinggang. 
Edgar meraih medali perak nomor Men’s Changquan saat tampil di XSG Sport Center, Minggu (24/9). Edgar mengumpulkan 9,786 poin dari juri, kalah dari wakil tuan rumah China Sun Pei Yuan yang meraih skor 9,840.

Ini adalah kali kedua Edgar meraih perak setelah Asian Games 2018. Pada 2018 Edgar juga meraih medali perak di nomor Men’s Changquan. Hasrat atlet 24 tahun ini memperbaiki prestasi pupus.

Kendati demikian medali perak sudah lebih dari cukup. Sempat diharapkan meraih medali emas, Edgar hanya bisa pasrah saat harus menjalani operasi sebelum Asian Games.

Meski sudah pulih, kondisi peraih medali emas changquan Kejuaraan Dunia 2019 ini belum 100 persen. Gerakan Edgar memang sudah lentur, tetapi belum seperti semula.

Sekretaris Jenderal Pengurus Besar Wushu Indonesia Ngatino menilai perjuangan Edgar sudah maksimal. Ngatino melihat sendiri bagaimana perjuangan Edgar sebelum tampil di Asian Games 2023.

“Dia [Edgar] sudah berjuang walaupun dengan kondisi kesehatannya akhir-akhir ini mengkhawatirkan karena baru operasi di pinggang. Ini tentu berkat semangat atlet sehingga itu bisa dilalui,” kata Ngatino.

“Semua pengurus [PB Wushu] yang mendampingi khawatir dengan kondisi Edgar, tetapi alhamdulillah ini bisa dilalui dengan baik,” ucapnya dilansir dari CNN Indonesia.

Medali perak dari Changquan ini diharapkan bisa menjadi pemantik bagi atlet lainnya. PB Wushu pun percaya medali emas akan diraih kontingen Indonesia di hadapan tuan rumah China.

“Kita bersyukur [Edgar] membuka pertandingan wushu ini dengan bermain luar biasa. Dengan semangat tinggi. Tentunya ini jadi motivasi untuk yang lain,” kata Ngatino percaya diri.

“Kita harapkan semua harus maksimal. Semua harus punya peluang. Tidak melihat lawannya siapa, karena kita tidak tahu di lapangan apa yang akan terjadi,” ucapnya menjelaskan.(Cnnindonesia)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button