BERITAPPU

5.000 UMKM Menerima BLT BBM Kaltim dari Kukmperindag PPU

ilustrasi BLT. (int)

Longtime.id – Dinas Koperasi Usaha Kecil Menengah Perindustrian dan Perdagangan (Kukmperindag) Kabupaten Penajam Paser Utara menyalurkan bantuan langsung tunai (BLT) sebagai kompensasi kenaikan harga bahan bakar dari Provinsi Kalimantan Timur kepada 5.000 UMKM (usaha mikro kecil menengah).

Penyaluran BLT BBM sebesar Rp600.000 untuk setiap UMKM seharusnya dilakukan pada 2022, menurut Kepala Dinas Kukmperindag Kabupaten Penajam Paser Utara, Muhammad Sukadi Kuncoro di Penajam, namun Pemerintah Provinsi baru menyalurkan pada tahun Ini (2023).

Bantuan tunai langsung sebagai upaya Pemerintah mencegah inflasi akibat kenaikan harga bahan bakar minyak, serta untuk meringankan beban UMKM tersebut disalurkan melalui Bankaltimtara mulai 16 Januari 2023.

Penyaluran BLT BBM bagi UMKM untuk wilayah Kecamatan Penajam dilakukan di Bankaltimtara Cabang Penajam, dan penyaluran di wilayah Kecamatan Waru melalui Bankaltimtara Unit Waru.

Kemudian penyaluran BLT BBM di wilayah Kecamatan Babulu dilakukan di Bankaltimtara Unit Babulu Darat dan Unit Gunung Intan, dan penyaluran di wilayah Kecamatan Sepaku melalui Bankaltimtara Unit Sepaku.

“BLT BBM disalurkan di masing-masing Bankaltimtara yang ada di setiap kecamatan untuk mudahkan para penerima manfaat,” kata dia.

Dinas Kukmperindag Kabupaten Penajam Paser Utara menargetkan penyaluran BLT BBM dari Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur tersebut rampung paling lama sampai 31 Januari 2023.

Seluruh UMKM penerima BLT BBM dari Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur, merupakan UMKM yang tidak menerima BLT BBM dari Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara.

BLT BBM ada dua sumber jelas Muhammad Sukadi Kuncoro, yakni dari pemerintah kabupaten sebanyak 5.400 UMKM dan pemerintah provinsi sebanyak 5.000 UMKM. (hb/red)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button