ADVERTORIALBERITAKUTAI TIMUR

Novel Tyty Paembonan Dorong Penambahan Dokter Spesialis di RS Pratama Muara Bengkal

Longtime.id – Rumah Sakit Pratama Kecamatan Muara Bengkal, Kutai Timur (Kutim), menghadapi kekurangan tenaga dokter spesialis yang sangat dibutuhkan untuk memberikan pelayanan kesehatan optimal kepada masyarakat. Anggota DPRD Kutim, Novel Tyty Paembonan, menyoroti masalah ini dan mendesak pemerintah segera bertindak.

“Harus menjadi perhatian khusus. Karena persoalan pelayanan kesehatan kepada masyarakat tidak bisa dianggap sepele,” ujar Novel Tyty Paembonan, politikus Partai Gerindra, beberapa waktu lalu.

Menurutnya, keberadaan dokter spesialis sangat penting dalam menyediakan pelayanan kesehatan sekunder setelah perawatan dari dokter umum. Novel menegaskan bahwa pemerintah, melalui instansi terkait, harus lebih jeli dalam memenuhi kebutuhan ini.

Terlebih lagi, Rumah Sakit Pratama Muara Bengkal terletak cukup jauh dari pusat pemerintahan dan perkotaan. Idealnya, rumah sakit tersebut harus memiliki setidaknya empat dokter spesialis, yaitu spesialis penyakit dalam, spesialis anak, obstetri dan ginekologi, serta spesialis bedah.

“Jika empat dokter spesialis ini bisa dipenuhi, tentu dapat membantu mengakomodir kebutuhan warga. Apalagi ketika perlu rujukan, sangat jauh jangkauannya menuju pusat kota,” jelas Novel yang juga anggota Komisi A DPRD Kutai Timur.

Novel menambahkan, keberadaan dokter spesialis harus disesuaikan dengan kebutuhan ideal rumah sakit. Jika fasilitas dan anggaran sudah memadai, keberadaan dokter spesialis akan sangat membantu masyarakat.

“Jadi ketika masyarakat terkena penyakit jantung atau hipertensi misalnya, dan sudah ada dokter spesialis penyakit tersebut di sana, maka tidak perlu jauh lagi ke daerah yang memiliki dokter spesialis,” imbuhnya.

Menurut Novel, kesehatan adalah salah satu kebutuhan masyarakat yang paling mendesak dan penting untuk dipenuhi pemerintah. Oleh karena itu, ia meminta pemerintah untuk segera mengambil langkah konkret dalam memenuhi kebutuhan dokter spesialis di Rumah Sakit Pratama Muara Bengkal.

Dengan adanya penambahan dokter spesialis, diharapkan pelayanan kesehatan di Muara Bengkal akan meningkat dan masyarakat tidak perlu lagi menempuh jarak jauh untuk mendapatkan perawatan spesialis. “Ini demi kepentingan dan kesejahteraan masyarakat Kutai Timur,” tutupnya. (Red)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button