BERITAPPU

Layani Pembuangan Sampah IKN, DLH Kabupaten PPU Siapkan Lahan

Kepala Dinas Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Penajam Paser Utara, Tita Deritayati. (hb)

Longtime.id – Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Penajam Paser Utara, menyiapkan lahan untuk pembuangan sampah di TPA (tempat pembuangan akhir) Bulunimung, Kecamatan Penajam untuk melayani sampah Ibu Kota Nusantara atau IKN.

Lahan untuk pembuangan sampah di TPA Buluminung, menurut Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Penajam Paser Utara, Tita Deritayati, di Penajam, memilki luas 18,5 hektare.

Lahan pembuangan sampah di tempat pembuangan akhir tersebut melayani pembuangan sampah rumah tangga dan industri di seluruh wilayah Kabupaten Penajam Paser Utara.

Selain itu, kata dia, TPA Buluminung juga disiapkan untuk melayani pembuahan sampah dari kawasan ibu kota negara Indonesia baru.

Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara pada tahun ini (2023) menyediakan anggaran pengadaan satu unit alat berat untuk TPA Buluminung.

Pengadaan alat berat tersebut sebagai bentuk kesiapan Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara melayani pembuangan sampah dari kawasan IKN.

“Alat berat akan digunakan untuk penimbunan dan pemadatan sampah di tempat pembuangan akhir Buluminung,” ujar dia.

Masyarakat maupun perusahaan diimbau melakukan pemilahan sampah terlebih dahulu, sebelum dibuang ke TPS (tempat pembuangan sementara).

Sampah rumah tangga dan industri yang masih memiliki nilai ekonomis, jelas Tita Deritayati, akan dikelola oleh Bank Sampah. (hb/red)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button