ADVERTORIALBERITAKUTAI TIMUR

Ketua DPRD Kutim Tegaskan Komitmen Awasi Penggunaan Anggaran

Longtime.id — Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kutai Timur, Joni, menegaskan komitmennya untuk meningkatkan pengawasan penggunaan anggaran oleh pemerintah daerah. Langkah ini diambil menyusul arahan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) saat menghadiri acara penyerahan Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) beberapa waktu lalu.

“Kami sebagai legislatif yang memang bertugas melakukan pengawasan, tentu akan mengawasi transparansi dan akuntabilitas keuangan publik,” ungkap Joni saat ditemui di ruang kerjanya.

Politikus Partai Persatuan Pembangunan (PPP) ini menyatakan bahwa sepuluh daerah di Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) berhasil menerima penghargaan Opini WTP, namun masing-masing daerah mendapatkan rekomendasi berbeda dari BPK.

“Salah satu rekomendasi yang disampaikan BPK adalah melakukan pengawasan selama 60 hari kerja. Untuk itu, kami akan segera membentuk panitia khusus (pansus) guna menjalankan rekomendasi-rekomendasi tersebut,” jelas Joni.

Penghargaan Opini WTP diberikan kepada daerah yang menunjukkan pengelolaan keuangan yang baik, termasuk Kutai Timur. “Kutai Timur masih masuk dalam kategori pengelolaan keuangan yang baik. Sehingga diganjar dengan Opini WTP. Pemerintah harus mempertahankan penghargaan tersebut pada tahun-tahun berikutnya,” tambahnya.

Joni berharap sinergi antara eksekutif dan legislatif terus terjaga dalam penggunaan anggaran, baik untuk program pembangunan infrastruktur maupun pemanfaatan dana demi kesejahteraan masyarakat Kutai Timur.

Penghargaan Opini WTP diterima oleh Pemerintah Kabupaten Kutai Timur dari BPK Republik Indonesia perwakilan Kaltim pada tanggal 3 Mei 2024 di Kota Samarinda. Penghargaan ini diberikan berdasarkan hasil evaluasi laporan keuangan pemerintah daerah (LKPD) Kutai Timur tahun anggaran 2023, yang menjadi Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) BPK.

Dengan adanya komitmen kuat dari DPRD Kutim, diharapkan pengelolaan anggaran daerah semakin transparan dan akuntabel, sehingga dapat memberikan manfaat maksimal bagi pembangunan dan kesejahteraan masyarakat di Kutai Timur. (Red)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button