ADVERTORIALBERITAKUTAI TIMUR

Akhir Pekan,  Pemkab Kutai Timur Galakkan Germas

Longtime.id – Bupati Kutai Timur (Kutim) Ardiansyah Sulaiman bersama Ketua TP-PKK Siti Robiah melaksanakan senam pagi bersama dengan warga masyarakat di halaman kantor camat Sangatta Utara pada Minggu (18/6/2023).

Turut hadir Kepala Dinas Kesehatan, Bahrani,Camat Sangatta Utara, Hasdiah dan beberapa pejabat di lingkungan Pemkab Kutim. Senam bersama yang dilanjutkan dengan makan buah bersama serta pemeriksaan kesehatan gratis. Kegiatan ini bertujuan menggalakkan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas).

“Kesehatan itu adalah hal yang paling utama dalam kehidupan. Karena dengan memiliki kesehatan dan kebugaran fisik yang prima manusia bisa melakukan banyak hal. Berbeda kalau kita sakit. Jadi harus dijaga dengan baik. Caranya adalah olahraga, makan buah dan sayur secara teratur, “ujar Ardiansyah.

Ditambahkannya, dengan makan buah dan sayur secara teratur tubuh memiliki kandungan serat yang cukup untuk memperlancar proses pencernaan terutama melarutkan makanan yang berlemak dalam tubuh.

” Karena dengan berolahraga secara teratur karbohidrat dan kolesterol jahat dalam tubuh bisa dikurangi dan tubuh menjadi bugar. Sebelum berangkat tugas, saya menyempatkan senam kesegaran jasmani, minimal 30 menit,”jelasnya.

Bupati Ardiansyah juga mengajak seluruh masyarakat untuk menjadikan Germas sebagai kebiasaan hidup sehari. “Mari budayakan Germas agar tubuh kita sehat, kuat dan bugar,” pintanya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) (Kutim), dr Bahrani berharap GERMAS bisa menjadi budaya oleh seluruh masyarakat. Sebab, dengan membiasakan pola hidup sehat ini, harapannya usia manusia bisa menjadi lebih panjang dengan derajat kesehatan yang tinggi.

“Jadi percuma kalau umur panjang tapi di kursi roda, dengan berbagai penyakit yang dialami. Maka kita harus membiasakan diri dengan pola hidup sehat. Kita harapkan, kita bisa berumur panjang dengan derajat kesehatan hidup yang baik,” ucap dr Bahrani.

Ia menyebutkan ada beberapa tindakan atau perilaku dalam Germas diantaranya melakukan aktivitas fisik (berolahraga) secara teratur, budayakan makan buah dan sayur, kemudian tidak merokok dan minum minuman beralkohol, selanjutnya melakukan pemeriksaan kesehatan secara rutin, menjaga keberhasilan lingkungan serta menggunakan jamban sehat.

Lebih lanjut mantan Direktur Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kudungga ini menuturkan, jika ingin memiliki derajat kesehatan yang baik, maka sejak muda harus menjaga pola makan.

“Jangan terlalu menyukai makanan yang terlalu manis, asin dan gurih, sebab itu akan menumpuk ketika sudah tua, dan akan menimbulkan berbagai penyakit, Tidak ada kata terlambat untuk memulai hal yang baik, mari laksanakan sekarang dimulai sejak dini kepada anak-anak di tengah-tengah keluarga,”ujarnya. (Red)

Print Friendly, PDF & Email

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
@media print { .stream-item-above-post } }