ADVERTORIALBERITAKUTAI TIMUR

Festival Erau Adat Embuang Panas Pelas 2024 Resmi Dibuka, jadi Momentum Pelestarian Budaya

Longtime.id – Festival Erau Adat Embuang Panas Pelas tahun 2024 resmi dibuka, Senin (22/7/2024) kemarin. Acara yang digelar di halaman Balai Adat Desa Marukangan Kecamatan Sandaran ini dibuka langsung oleh Bupati Kutim Ardiansyah Sulaiman.

Ardiansyah Sulaiman dalam sambutannya mengajak seluruh masyarakat yang hadir untuk bersyukur karena Pembukaan Festival Erau Adat Embuang Panas Pelas tahun 2024 ini berlangsung cukup meriah. “Kita patut bersyukur APBD Kutim dalam tiga tahun terakhir ini luar biasa meningkat. Dengan adanya kenaikan APBD Kutim tahun ini, salah satunya yang menikmati desa, karwna ADD di Kutim meningkat,” tegasnya.

Dia menambahkan bahwa dengan adanya kenaikan ADD, maka seluruh kepala desa dan aparatur desa, termasuk Badan Permusyawaratan Desa (BPD), Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM), dan RT yang ada di desa maupun kelurahan.

“Semua akan menerima kenaikan insentif melalui APBD Perubahan, dan kami akan menyediakan kendaraan operasional setidaknya roda dua untuk semua ketua RT yang ada di Kutim. Semoga dengan adanya kenaikan insentif dapat meningkatkan kinerja agar pembangunan di Kutim lebih maju lagi,” paparnya.

Sementara itu, Kepala Desa Marukangan Endi Heriyanto mengatakan, acara Festival Erau Adat Embung ini dilaksanakan setiap tahun di bulan Juli. Ia mengucapkan terima kasih untuk semua pihak yang telah membantu pada acara ini. “Saya berharap kepada Bupati Kutim untuk ke depannya merealisasikan pembangunan yang ada di Kecamatan sandaran,” ucapnya.

Dia bilang, festival ini turut mendapatkan dukungan anggaran dari Disdikbud Kutim dan Anggaran Dana Desa (ADD) Marukangan. Tujuan festival ini sebagai wujud pelestarian budaya Sandaran.

“Kami di sini sangat merasakan dampak kenaikan ADD dari Pemerintah Kabupaten Kutai Timur (Pemkab Kutim) dan dana CSR dari perusahaan-perusahaan yang ada di Kutim, karena besarnya ADD yang digelontorkan oleh Pemkab Kutim sehingga jalan-jalan yang ada di tempat kami sudah bisa untuk dilewati. Semoga ke depannya bisa lebih maju lagi,” paparnya.

Acara ini turut dihadiri Ketua TP PKK Kutim Siti Robiah, Kepala Disdikbud Kutim Mulyono, Plt Camat Sandaran Mulyadi, Tokoh Agama, Tokoh Adat dan Perwakilan Perusahaan yang ada di Kecamatan Sandaran. (Adv)

Print Friendly, PDF & Email

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
@media print { .stream-item-above-post } }