ADVERTORIALBERITABONTANG

DKP Bontang Gelar Lomba Perpustakaan, Dorong Akreditasi Perpustakaan Sekolah Dan Umum

Longtime.id – Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) Bontang menggelar Lomba Perpustakaan 2024 yang diikuti oleh sekolah dan perpustakaan umum di Kota Taman. Demi meningkatkan minat baca masyarakat dan pelajar. Kabid Perpustakaan DPK Bontang, Indra Nopika Wijaya mengungkapkan tujuan utama lomba ini adalah untuk meningkatkan literasi dan budaya membaca di kalangan masyarakat dan pelajar.

“Sebagai agen literasi, perpustakaan sekolah maupun kelurahan tidak boleh hanya dikelola secara formalitas, tetapi harus profesional agar akses literasi lebih mudah,” ungkap Kabid Perpustakaan DPK Bontang, Indra Nopika Wijaya saat mendampingi para juri melakukan penilaian ke perpustakaan, Senin (3/6/2024).

Selain itu, perlombaan ini untuk mendorong perpustakaan di Bontang dapat terus meningkat kualitas dan mutunya. Sebab, perpustakaan sebagai laboratorium ilmu yang terbuka, sehingga pengelolaanya tentu harus selalu ditingkatkan.

“Perpustakaan yang ada di sekolah diharapkan bisa terus berbenah untuk mewujudkan perpustakaan sesuai standar,” ucapnya.

Peningkatan kualitas dan mutu Perpustakaan itu, kata pria yang akrab disapa Indra ini, yang paling penting, terus mengupdate buku dan menambah koleksi buku sesuai jumlah penduduk. Serta, meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) yaitu pustakawan.

“Kami juga mendorong seluruh perpustakaan agar terakreditasi,” ujarnya.

Dia berharap kedepannya perhatian dan kepedulian masyarakat terhadap Perpustakaan dapat lebih baik lagi.

“Di perpustakaan sekolah, sebaiknya tidak dikelola oleh tenaga yang juga merangkap sebagai guru, agar pengelolaannya lebih fokus,” ucapnya.

Dijelaskannya, perlombaan ini ada tiga kategori, yaitu lomba perpustakaan tingkat SD, perpustakaan tingkat SMP/MTs, serta perpustakaan umum (kelurahan). Sementara itu juri juga ada tiga, yakni perwakilan sekolah (SMA YPK Bontang), Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda), dan DPK Provinsi Kaltim.

“Juri dibagi ke dalam tiga kategori dan melakukan penilaian sesuai dengan kategori masing-masing,” paparnya.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button