ADVERTORIALBERITAKUTAI TIMUR

Ketua DPRD Kutim Sebut Pemekaran Wilayah Masih Terkendala Moratorium

Longtime.id – Ketua DPRD Kutai Timur (Kutim), Joni angkat suara mengenai rencana pemekaran daerah otonomi baru (DOB). Ia mengatakan, hingga kini progres tersebut mandek di pemerintahan pusat.

“Syarat lima kecamatan untuk dibentuk menjadi satu kabupaten sudah terpenuhi. Bahkan secara administrasi juga lengkap, tapi tidak ada progresnya,” jelas politikus Partai Persatuan Pembangunan (PPP) itu.

Rencana DOB tersebut, meliputi Kecamatan Sangkulirang, Kecamatan Kaliorang, Kecamatan Kaubun, Kecamatan Sandaran, serta Kecamatan Karangan.

Joni menuturkan, tertahannya proses pemekaran wilayah tersebut karena masih moratorium pemekaran daerah otonom baru. “Tapi tidak ada alasan untuk tidak dimekarkan, karena syaratnya sudah cukup,” ucapnya.

Adapun moratorium, karena beberapa daerah yang ingin diotonomikan belum mampu membiayai sdaerah endiri, dan masih menggantungkan ke APBN termasuk daerah induk.

Namun dirinya menegaskan, untuk peningkatan pelayanan dan pemerataan pembangunan di daerah tersebut perlu dilakukan pemekaran wilayah.

“Karena itu pemerintah pusat harus melakukan kajian mengenai kemungkinannya terlaksana pemerintah wilayah Kutim di Sangkulirang,” imbuhnya.

Wacana pemekaran wilayah tersebut telah digaungkan beberapa tahun silam, akan tetapi tak kunjung terealisasi. (adv)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button