ADVERTORIALBERITASAMARINDA

Dishub Kaltim Menciptakan Solusi Unggul melalui Program Beasiswa Kereta Api di Rusia

Kereta Api. (ilustrasi)

Longtime.id – Dalam rangka mendukung pembangunan infrastruktur rel kereta api di Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim), Dinas Perhubungan (Dishub) Kaltim melalui program beasiswa ke Rusia telah berhasil melahirkan 150 putra asli daerah yang telah menyelesaikan program perkereta apian di negara Rusia pada tahun 2021.

Sebelumnya, Pemerintah Provinsi Kaltim telah memulai program beasiswa ke Rusia untuk mendukung pemahaman yang mendalam terkait perkereta apian. Program ini sesuai dengan upaya pemerintah dalam membangun infrastruktur rel kereta api di wilayah tersebut. Program beasiswa ini telah berakhir pada tahun 2016 lalu, namun dampak positifnya terus terlihat hingga saat ini.

Kepala Dinas Dishub Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU), Andi Singkerru, menyampaikan bahwa banyak lulusan perkereta apian asal Kaltim yang belajar di Rusia kini mendapatkan pekerjaan di PT Kereta Api Indonesia (KAI) di Jakarta. Mereka diakui sebagai pilar utama di sana, karena keahlian yang mereka miliki sebagai lulusan perkereta apian Rusia.

“Kami berharap dapat mengumpulkan data yang akurat untuk memberikan informasi yang lebih lengkap mengenai kontribusi para alumni perkereta apian dari Rusia dalam persiapan pembangunan rel kereta api dan pengaktifan kereta api di Ibu Kota Negara (IKN) di masa mendatang,” ungkap Andi.

Sebagai informasi, para lulusan alumni perkereta apian di Rusia berencana membangun kereta api ekspres jenis electric multiple unit (EMU) oleh Kementerian Perhubungan di IKN Nusantara di Sepaku, PPU.
Kepala Dishub Provinsi Kaltim, Yudha Pranoto, menekankan bahwa kereta api memiliki banyak keunggulan, seperti kapasitas angkut yang besar, kecepatan tinggi, keamanan, efisiensi energi, dan ramah lingkungan.

“Para alumni perkereta apian dari Rusia akan memainkan peran kunci dalam proses pembangunan kereta api di Kaltim ke depannya,” tambah Yudha, menegaskan bahwa peran mereka sangat penting untuk memajukan sektor transportasi di wilayah tersebut. (adv)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button