ADVERTORIALBERITASAMARINDA

Wujudkan Keselamatan Jalan, Dishub Kaltim Gelar Forum Lalu Lintas dan Angkutan

Ilustrasi keamanan dan keselamatan kendaraan di Kaltim. (istimewa)

Longtime.id – Dinas Perhubungan (Dishub) Provinsi Kalimantan Timur terus berkomitmen untuk melaksanakan Rencana Umum Nasional Keselamatan Jalan dengan tujuan mewujudkan 5 pilar aksi keselamatan jalan.

Kepala Dishub Kaltim, Yudha Pranoto, mengatakan bahwa koordinasi dan kolaborasi antar pemangku kepentingan, terutama pada Sub Sektor Bidang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (LLAJ), sangat diperlukan dalam upaya mencapai Zero Accident di Wilayah Kalimantan Timur.

“Kami menyelenggarakan Forum Lalu Lintas dan Angkutan Jalan Provinsi Kalimantan Timur dengan tujuan mencapai Zero Accident. Untuk mendukung hal ini, kami hadirkan narasumber langsung dari Direktorat Sarana Transportasi Jalan Ditjen Kementerian Perhubungan RI, yaitu Ibu Yanti Marliana,” ucap Yudha.

Dalam pemaparan materi Keselamatan Jalan, Yudha menjelaskan bahwa Dinas Perhubungan Provinsi Kalimantan Timur dan Dinas Perhubungan Kabupaten/Kota bertanggung jawab pada pilar ke-3, yakni “Kendaraan yang Berkeselamatan”.

Beberapa langkah konkret telah diambil, seperti Pengujian Berkala Kendaraan Bermotor, Pengawasan dan Pengendalian Angkutan Umum di Terminal, Penegakan hukum Over Dimension and Over Loading (ODOL) Angkutan Barang, Peningkatan SDM Keselamatan Jalan, Sosialisasi Keselamatan LLAJ, Perizinan Angkutan, dan sebagainya.

Yudha menekankan bahwa dukungan dari berbagai pihak merupakan kunci utama untuk mewujudkan keselamatan di jalan. Kolaborasi bersama diharapkan dapat turut serta menurunkan angka kecelakaan di Provinsi Kalimantan Timur.

“Membangun lalu lintas jalan yang aman, selamat, tertib, dan lancar bukanlah hal mudah. Hal ini memerlukan political will yang kuat, komitmen, sinergitas, dan konsistensi dari semua pihak yang terlibat,” tandasnya.

Forum Lalu Lintas dan Angkutan Jalan dianggap sebagai wadah yang sangat penting untuk mengakomodir permasalahan transportasi di Provinsi Kaltim, sejalan dengan tema yang diusung dalam upaya meningkatkan keselamatan dan ketertiban di jalanan. (adv)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button