ADVERTORIALBERITASAMARINDA

Program Paskibraka Dialihkan ke Kesbangpol, Dispora Kaltim Buka Suara

(istimewa).

Longtime.id – Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kaltim memastikan pihaknya masih melakukan pembinaan Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka). Hal ini disampaikan oleh Kepala Dispora Kaltim, Agus Hari Kesuma.

Pernyataan tersebut menanggapi diterbitkannya Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 1 Tahun 2022 tentang Program Pasukan Pengibar Bendera Pusaka dan Surat Dirjen Politik dan Pemerintahan Umum Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Nomor 000.10.3/376/polpum perihal proses pengalihan program Paskibraka tahun 2023.

Dimana, mulai tahun 2024 pemilihan anggota Paskibraka dialihkan ke Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol).

Agus menyatakan, Dispora Kaltim masih memiliki peran dalam pembinaan Paskibraka. “Tidak benar. Yang benar itu, kita membina ini (Paskibraka) Sama-sama,”tegasnya.

Ia memastikan seleksi Paskibraka akan menjadi program kolaborasi antara Dispora Kaltim dan Kesbangpol. Mengingat, pelaksanaan pelatihan dan karantina pun tetap dilakukan.

Meskipun, Agus mengakui ada perintah dari Badan Pembinaan Pemikiran Pancasila (BPKP) dimana pembinaan terkait kesatuan Negara Indonesia dilimpahkan ke Kesbangpol. Tetapi masih ada peran yang dilakukan Dispora. “Kita rektur saja, nanti baru diserahkan ke Kesbangpol,”tandasnya. (*)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button