ADVERTORIALBERITAKUTAI TIMUR

Pemerintah Diminta Gandeng Perusahaan Sawit Penuhi Kebutuhan Air Bersih Masyarakat

Longtime.id – DPRD Kutai Timur mendorong pemerintah daerah agar menggandeng perusahaan sawit. Hal itu dilakukan guna pemenuhan air bersih kepada masyarakat yang selama ini belum tersentuh.

Sejumlah kecamatan di Kabupaten Kutai Timur masih belum memperoleh layanan dasar dari pemerintah. Layanan dasar yang dibutuhkan warga di sejumlah kawasan antara lain aliran listrik, air bersih sampai jaringan telekomunikasi.

Terkait kondisi tersebut, anggota DPRD Kutim, Novel Tyty Pembonan berharap pemerintah segera memikirkan solusi. Setelah itu, harus segera direalusasikan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat.

“Masih ada masyarakat Kutim yang kesulitan mendapatkan air bersih, listrik dan jaringan telekomunikasi. Pemerintah harus segera bergerak untuk memberi kebutuhan mereka,” kata Novel Tyty Pembonan, Rabu (18/10/2023). Ia menyatakan kekhawatirannya terkait ketidaktersaluran fasilitas dasar tersebut.

“Perlu saya katakan bahwa kita mendapat penghargaan di tempat tertentu. Tapi jangan bangga dengan itu, karena ternyata masih ada daerah yang air bersihnya tidak jelas bahkan belum terpenuhi. Sangat miris jika melihat kondisi seperti ini,” ungkap Novel Tyty Pembonan.

Ia melanjutkan dengan mencatat contoh daerah seperti Wahau, Kombeng, dan Telen yang mengalami masalah air bersih. Anggota Komisi A itu berpendapat. bahwa ada potensi sumber air baku yang dapat dimanfaatkan.

“Pemerintah seharusnya mempertimbangkan solusi yang baik, seperti membangun fasilitas pengolahan air lokal dengan bantuan dari perusahaan sawit, serta sumber lainnya yang mampu mengedepankan kebutuhan dasar masyarakat,” ungkapnya.

Pihaknya menegaskan, bahwa pemerintah dan DPRD memiliki tanggung jawab yang sangat besar dalam memberikan pelayanan dasar kepada masyarakat, termasuk listrik, air bersih, jaringan komunikasi, pendidikan, kesehatan, ketertiban umum, dan sarana infrastruktur.

“Semuanya tentu perlu dukungan dari pemerintah. Sehingga masyarakat mendapat kesejahteraan atas apa yang mereka belum miliki selama ini,” tegasnya. (adv)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button