ADVERTORIALBERITAKUTAI TIMUR

Pelayanan RS Pratama Muara Bengkal Disorot Dewan, Ini Sebabnya

Longtime.id – DPRD Kutai Timur memberi sorotan terhadap pelayanan di RS Pratama Muara Bengkal. Pasalnya, pembangunan fasilitas kesehatan tersebut telah rampung namun belum beroperasi lantaran dokter masih minim.

Hal ini memicu reaksi anggota DPRD Kutim, Faizal Rachman. Anggota Komisi C itu menyebut, hingga saat ini persoalan utama yakni kekurangan dokter yang belum diselesaikan pemerintah daerah.

“Sehingga meski fasilitas telah siap, belum dapat melayani masyarakat yang ingin berobat. Tentu sangat disayangkan apabila pemerintah daerah tidak membuka mata dalam melihat kondisi ini,” kata Faizal Rachman.

Anggota DPRD yang membidangi pembangunan itu menjelaskan sikap legislatif yang berencana mengkoordinasikan persoalan tersebut dengan Dinas Kesehatan Kutim. Sehingga kendala yang dialami oleh RS Pratama Muara Bengkal bisa menjadi perhatian utama pemerintah.

“Formasi dokter untuk rumah sakit ini telah dibuka, namun rekrutmen dokter spesialis dan umumnya masih terhambat. Untuk menjalankan rumah sakit dengan standar operasional yang sesuai, dokter yang berkualitas sangat diperlukan,” ucap Faizal.

Politisi PDI-P ini juga meminta agar pemerintah daerah segera mengatasi persoalan rekrutmen dokter, pasalnya status rumah sakit yang dibangun menggunakan uang rakyat tersebut sangat penting.

“Dalam upaya mengatasi kendala ini, Dinas Kesehatan perlu berperan dalam pengelolaan sumber daya manusia yang diperlukan untuk operasionalisasi rumah sakit ini. Sehingga pelayanan yang prima dapat terwujudkan,” tambahnya.

Lanjutnya, pemenuhan gaji dokter juga menjadi faktor penting dalam menarik dokter berkualitas ke RS Pratama Muara Bengkal, sehingga revisi peraturan dan perubahan dalam sistem penggajian mungkin diperlukan.

“Persoalan kesejahteraan dokter tidak bisa dipandang sebelah mata. Apalagi kehadiran mereka sangat penting dalam mendukung pelayanan yang prima kepada masyarakat yang memerlukan pelayanan kesehatan,” tambahnya. (adv)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button