ADVERTORIALBERITAKUTAI TIMUR

Pamerkan Cemilan Khas Kutim, QLA Sangatta Omah Foods Jadi Finalis AKI 2023

Longtime.id – QLA Sangatta Omah Foods menjadi salah satu finalis dari 27 UMKM yang berhasil terpilih untuk berpartisipasi dan memeriahkan program Apresiasi Kreasi Indonesia (AKI) 2023 dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf).

Acara tersebut berlangsung di Atrium Utama Mahakam, Big Mall Samarinda, Jalan Untung Suropati No.08, Karang Asam Ulu, Kecamatan Sungai Kunjang, Kota Samarinda, Minggu (25/06/2023).

Berawal dari hobi ngemil, Juwita terinspirasi untuk menciptakan cemilan sendiri dari hasil kebun pisang yang melimpah di belakang rumahnya. Ide itu muncul setelah dirinya iseng ingin mengolah hasil panen pisang dari kebunnya itu.

“Awalnya saya cuman nyoba-nyoba, bagaimana cara memanfaatkan hasil panen kebun pisang saya sehingga tidak terbuang begitu saja. Jadi waktu itu saya olah sampai sedemikian rupa, dan ternyata orang rumah suka,” ungkap wanita berusia 34 tahun ini.

Diketahui, Kabupaten Kutai Timur (Kutim) sendiri juga memang sangat kaya akan hasil pisang kepoknya. Contohnya saja seperti ekspor pisang kepok krecek dari Kutim telah mencapai 596 ton hingga bulan Maret 2023.

Mengetahui potensi tanaman pisang yang sangat tinggi di Kutim, mendorong Ibu rumah tangga (IRT) satu ini mengambil peluang dalam bisnis oalahan kemasan kripik pisangnya tersebut.

“Kenapa dinamakan Krikil? Jadi filosofinya itu dari bentuk keripiknya sendiri yang bervariasi. Ada yang besar dan ada yang kecil, jadi perumpamaannya bisa dibilang seperti Krikil,” bebernya kepada awak media.

Ia menambahkan sejauh ini produk keripik pisang krikilnya sudah ada 4 varian rasa, yaitu rasa coklat, stroberi, tiramisu dan greentea. Tetapi yang saat ini paling diminati adalah varian rasa coklat.

Disamping itu, dirinya berharap lewat acara seperti ini, ia bisa memamerkan cemilan khas Kutim kepada orang banyak, khususnya yang berasal dari luar Kutim.

“Tidak lupa juga saya ucapkan terimaksih sebesar-besarnya kepada pihak Dinas Pariwisata (Dispar) Kutim yang telah mensupport saya mulai dari transportasi hingga akomodasi selama mengikuti acara AKI 2023 ini,” tutupnya. (Red)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button