ADVERTORIALBERITAKUTAI TIMUR

Wabup Kutim Hadiri Peringatan Harganas ke-30 di Sangkulirang

Longrime.id – Wakil Bupati Kutai Timur (Kutim) Kasmidi Bulang menghadiri Peringatan Hari Keluarga Nasional (Harganas) ke-30, di Gedung BPU Kecamatan Sangkulirang, Rabu (14/06/2023).

Kegiatan yang diselenggarakan Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPPKB) Kutim ini mengususng tema “Menuju Keluarga Bebas Stunting untuk Indonesia Maju”.

Kasmidi Bulang dalam sambutannya mengatakan, penduduk yang besar dan berkualitas memang dapat menjadi modal pembangunan, sebaliknya jika penduduknya besar dan tidak berkualitas justru akan menjadi beban dalam pembangunan itu. Oleh karena itu, Program keluarga berencana merupakan solusi yang tepat untuk menanggulangi hal tersebut.

“Jika pertumbuhan penduduk terus bertambah dengan laju pertumbuhan yang tinggi, sementara pertumbuhan ekonomi tidak tumbuh secara signifikan. Maka pertumbuhan yang kini sedang giat-giatnya kita bangun maka akan jadi sia-sia,” ujar Wabup.

Orang nomor dua di Kutim ini mengajak masyarakat yang ada termasuk pihak terkait untuk ikut serta dalam menciptakan sekaligus menjaga kualitas SDM yang sudah ada agar terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan. Dia bilang, salah satu strategi untuk meningkatkan SDM yaitu melalui strategi peningkatan pembangunan keluarga.

“Karena peran keluarga begitu penting dalam membentuk generasi yang tangguh, berkarakter dan berdaya saing,” ungkap KB sapaan akrabnya.

Senanda, Plt Kepala DPPKB Ronny Bonar H Siburian menyampaikan, keluarga memiliki peran yang sangat penting dalam pembangunan nilai-nilai agama, sosial, kemanusiaan serta moral.

Menurutnya, Hal inilah yang menentukan kualitas dari suatu keluarga, sebab itu pentingnya keluarga sebagai kekuatan untuk menjadi bangsa sekaligus jadi daya ungkit keberhasilan program dan menjadi penguat komitmen bersama untuk percepatan penurunan stunting.

“Dalam rangkaian peringatan hari keluarga nasional, merupakan momentum atas pentingnya peran keluarga. Penetapan Harganas merupakan bentuk nyata komitmen pemerintah yang konsisten dalam upaya pembangunan Sumber Daya Manusia dan telah sejalan dengan kelanjutan yang dilaksanakan pemerintah Indonesia dalam memerangi stunting,” pungkasnya.

Turut hadir dalam acara itu Asisten Pemerintahan Umum dan Kesejahteraan Rakyat (Pemkesra) Poniso Suryo Renggono, Kepala Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Kalimantan Timur (Kaltim) Sunarto, Kepala Bidang (Kabid) Keluarga Berencana dan Kesehatan Reproduksi (KBKR) Yuli, Ketua Tim Penggerak Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (TPPKK) Kutim Siti Robiah Ardiansyah, Ketua Pimpinan Cabang (PC) Ikatan Bidan Indonesia (IBI) Kutim Triana Nur, Camat Sangkulirang H Rahmad, Perwakilan Forkopimcam Kecamatan Kaliorang dan Tim Penggerak PKK. (Red)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button