ADVERTORIALBERITAKUTAI TIMUR

Pengelola Depo Air Minum di Kutim Diberi Pelatihan Hygiene Sanitasi

Longtime.id – Pengelola dan operator depo air minum di Kutim diberi pelatihan tentang peningkatan pengelolaan air minum yang aman untuk dikonsumsi.

Pelatihan hygine dan sanitasi yang digelar Dinkes Kutim itu berlangsung di D’lounge Room, Hotel Royal Victoria, Sangatta Utara, Kutim, Rabu (07/06/2023).

Kepala Bidang (Kabid) Kesehatan Masyarakat dan Lingkungan Hidup, Irma Aryani dalam sambutannya mengimbau kepada pengusaha depo air minum untuk senantiasa menjaga dan menjamin kualitas dari air minum yang diperjual belikan sehingga aman untuk dikonsumsi oleh konsumen.

Dia bilang, dalam membuka suatu usaha, tidak hanya profit yang menjadi tolak ukur. Namun persoalan keamanan juga harus dikedepankan.

“Apabila ada kasus diare dan itu penyebabnya dari depo kita, itu akan sangat merugikan konsumen. Secara tidak langsung juga akan mempengaruhi perekonomian dari pengusaha itu sendiri,” ungkap Irma dihadapan 31 peserta.

Sementara terkait dengan perizinan, Irma mengatakan, hal ini masih menjadi kendala yang harus segera diatasi. Pasalnya, masih banyak depo air minum di Kutai Timur yang sudah beroperasi namun belum memiliki izin usaha.

“Dengan menjamurnya depo air minum sekarang, yang di data kami ada sekitar 364 depo. Tapi yang baru itu banyak sekali, mungkin 50 persennya belum terdaftar di Dinas Kesehatan,” bebernya.

Terakhir, ia menjelaskan, selain wajib memiliki izin usaha dari Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP), pihak depo juga wajib mengirimkan sample untuk diuji di laboratorium. Sama seperti perizinan, sampling ini termasuk krusial dan harus rutin dilakukan (minimal sebulan sekali).

“Adapun kriteria layak tidaknya seperti kelayakan tempat, hygiene per orangan dan kualitas airnya. Nah, untuk kualitas airnya ditentukan dengan pemeriksaan (sampling) mikrobiologi dan kimianya. Jadi seandainya E.colli nya nol itu sudah layak untuk dikonsumsi,” terangnya. (Red)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button