ADVERTORIALBERITAKUTAI TIMUR

Pembahasan APBD Kutim 2025 Dikebut, Kesepakatan KUA-PPAS Ditargetkan Agustus Sebelum Pelantikan DPRD Baru

Longtime.id – Pengesahan anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD) Kutai Timur (Kutim) tahun 2025, diketahui paling lambat disahkan 30 November 2024 mendatang.

Anggota Badan Anggaran (Banggar) DPRD Kutim, Faizal Rachman mengatakan saat ini pembahasan Kebijakan Umum Anggaran (KUA) dan Prioritas Plafon Anggaran Sementara (PPAS) tahun 2025, terus dikebut oleh anggota legislatif.

“Ini dilakukan agar proses perencanaan dan penganggaran daerah berjalan sesuai jadwal, dan tidak menghambat pelaksanaan program pembangunan yang disusun,” katanya kepada awak media.

Meskipun masih lama pengesahannya, namun yang perlu percepatan adalah pembahasan dan penandatanganan kesepakatan KUA PPAS. Ia berharap penandatanganan kesepakatan antara pemerintah dan DPRD atas KUA PPAS ini bisa dilakukan pekan kedua Agustus. Menurutnya, ada batas waktu persetujuan kesepakatan KUA PPAS yakni Agustus. Namun karena 14 Agustus ini ada pelantikan DPRD baru. Sehingga DPRD peroiode 2024-2029 akan pimpinan sementara yang tidak memiliki kewenangan untuk menandatangani kesepakatan KUA PPAS.

“Jadi pembahasan KUA PPAS sampai kesepakatan dilakukan DPRD lama, sementara pengesahan dilakukan DPRD baru,” tambah Faizal.

Sementara itu, untuk penyampaian Nota Pengantar Pemerintah mengenai Rancangan Perubahan Kebijakan Umum Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) serta Kebijakan Umum Anggaran (KUA) dan Prioritas Plafon Anggaran Sementara (PPAS) untuk Tahun Anggaran (TA) 2024 rencana akan dilaksanakan 31 Juli mendatang dalam rapar paripurna DPRD Kutim. (Red)

Print Friendly, PDF & Email

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
@media print { .stream-item-above-post } }