ADVERTORIALBONTANG

DP3AKB Turut Mendampingi Wakil Bontang di Malam Seleksi Duta Forum Anak 2024

Longtime.id – Malam puncak Seleksi Duta Forum Anak Kalimantan Timur tahun 2024 digelar Ballroom Hotel Aston Samarinda, Minggu (25/8/24). Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana (DP3AKB) turut mendampingi dua perwakilan Bontang dalam kegiatan ini.

“Ini pertama kalinya, daerah dan provinsi melaksanakan kegiatan seperti ini,” terang Kepala DP3AKB melalui Trully, Komisioner penggerak swadaya ahli muda DP3AKB Bontang.

Sebanyak 18 finalis dari 9 Kabupaten/Kota di Kaltim berkumpul untuk memperebutkan gelar Duta Forum Anak Kaltim.

Azam Al Fattah dan Enzou Fajria adalah peserta Forum Duta Anak perwakilan Bontang termasuk peserta yang lolos ke babak 6 besar. Setelah lanjut dalam sesi tanya jawab yang dilakukan dewan juri, mereka terpilih sebagai Best Intelegensia.

“Dari sekian banyak juara, ia masuk dalam salah satunya. Menurut saya Best Intelegensia berarti ia dapat menjawab serta memaparkan pertanyaan dewan juri dengan sangat baik,” lanjutnya.

Ia menjelaskan bahwa dari provinsi telah meminta pasangan putra dan putri untuk mewakili daerah masing-masing.

Lebih lanjut, Trully mengatakan bahwa latar belakang kegiatan ini ada dalam Peraturan Menteri Nomor 1 Tahun 2022 Perubahan atas Peraturan Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Nomor 18 Tahun 2019 Tentang Penyelenggaraan Forum Anak.

Forum anak adalah wadah Partisipasi Anak di mana anggotanya merupakan perwakilan dari Kelompok Anak atau Kelompok Kegiatan Anak atau perseorangan, dan dibina oleh pemerintah, sebagai sarana menyalurkan aspirasi, suara, pendapat, keinginan, dan kebutuhan Anak dalam proses pembangunan, pembentukan Forum anak juga merupakan salah satu indikator terwujudnya Kabupaten/Kota Layak Anak seperti yang tercantum dalam UU Nomor 35 Tahun 2014 tentang Perlindungan Anak.

Forum Anak juga menjadi wadah dalam rangka pemenuhan hak partisipasi anak yang dibentuk secara berjenjang, mulai tingkat nasional, provinsi, Kabupaten/kota, kecamatan, dan desa/kelurahan dengan keanggotaan dari berbagai kelompok anak. Di Provinsi Kalimantan Timur telah terbentuk Forum Anak Daerah tingkat Provinsi sejak tahun 2008 hingga saat ini. Forum Anak Daerah Kalimantan Timur aktif dalam menyampaikan aspirasi anak kepada pemerintah dan memiliki program kerja yang menarik dan dapat menjadi solusi atas permasalahan kekerasan anak setiap tahunnya.

“Ini adalah representasi, kita mengharapkan anak-anak ini nantinya dapat berperan dalam pembangunan Kota Layak Anak,” tutupnya

Print Friendly, PDF & Email

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
@media print { .stream-item-above-post } }