ADVERTORIALBONTANG

DP3AKB Bontang Gelar Sosialisasi Terkait Hukum dalam Perspektif Anak

Longtime.id – Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana (DP3KB) Bontang menggelar kegiatan Komunikasi, Informasi dan Edukasi Anak Berhadapan dengan Hukum (ABH), Kamis (22/8/24). Menggandeng DKP3A Provinsi Kalimantan Timur, kegiatan ini dipusatkan di BPU Kecamatan Bontang Barat.

Kegiatan ini dihadiri beberapa perwakilan Instansi, lembaga dan sekolah. Yakni DSPM, UPTD PPA, PPATBM Kelurahan, Forum Anak Kota Bontang, SMAN 1, SMKN 1, SMAN 2, SMAN 3, SMA YKP Monamas, dan SMKN4.

Adapun yang menjadi narasumber di kegiatan tersebut adalah Asdep Perlindungan Khusus Kemenppa RI, Eddy Forestwanto Kadis DP3AKB Bontang, dan Husni Thamrin selaku Lembaga Pembinaan Khusus Anak Tenggarong.

Trully, Komisioner penggerak swadaya ahli muda DP3AKB Bontang. mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan kegiatan pusat yang diarahkan ke daerah-daerah.

Adapun isi secara garis besar kegiatan itu membahas bagaimana perlindungan anak dalam hukum negara, kemudian edukasi kepada anak agar tidak terjerat dengan hukum apalagi menjadi pelaku.

Mereka juga diberi pemahaman, apa yang mereka lakukan jika mereka menjadi korban dan harus berhadapan dengan persoalan hukum. Misalnya, karena mendapat kekerasan atau tindakan kekerasan.

Adapun penjelasan untuk tidak takut mengutarakan ataupun melaporkan jika mereka menjadi seorang saksi. kemudian harus melakukan support saat seorang teman yang mereka kenal menjadi korban, tidak mengolok-olok korban.

“Kami berharap mereka tidak dengan mudah men-stigma temannya jika ada yang menjadi pelaku atau korban,” tambahnya.

Sosialisasi ini diberikan kepada masing-masing perwakilan sekolah dengan harapan mereka dapat meneruskan ilmu-ilmu tersebut ke teman-teman lainnya dan tidak disimpan sendiri.

Print Friendly, PDF & Email

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
@media print { .stream-item-above-post } }