ADVERTORIALBONTANG

Melalui Dinsos-PM, Pemkot Bontang Jalankan Program Unggulan Rantang Kasih

Longtime.id – Program Rantang Kasih merupakan salah satu program unggulan Pemkot Bontang melalui Dinas Sosial dan Pemberdayaan Masyarakat (Dinsos-PM). Program ini berupa pemberian makanan gratis dan disesuaikan dengan kebutuhan penerima manfaat.

Sesuai dengan amanah dan ketentuan Pasal 8 Undang-Undang No 13 Tahun 1998 tentang kesejahteraan lanjut usia, dimana pemerintah bertanggungjawab atas terwujudnya upaya peningkatan kesejahteraan sosial lanjut usia.

Program ini merupakan program pemberian paket makan siap santap bagi lansia terlantar, yang miskin dan tidak memiliki sanak keluarga. Adapun maksud dan tujuan dari program ini adalah untuk pemberian atau memenuhi kebutuhan lansia terlantar terutama dalam hal pemenuhan makanan sehari-hari.

Kriteria yang dapat meberima program rantang kasih adalah berusia 60 tahun atau lebih atau dengan faktor tertentu yang tidak dapat memenuhi kebutuhan dasarnya, kemudia ber-KTP Bontang, tidak terpenuhi kebutuhan dasarnya.

“tertama dalam hal pangan,” jelas Hilmi Ridwan Pangestu,pekerja sosisan Dinsos PM, Kamis (15/8/24).

Terlantar yang dimaksud adalah terlantar secara psikis dan sosial, kemudian sedang tidak menerima bantuan dari pemerintah pusat maupun pemerintah daerah yang diberikan secara rutin.

Mekanisme pendataan bagi calon penerima program, yang pertama, adanya rekomendasi dari kelurahan maupun RT tentang calon penerima manfaat. Kedua, dinsos akan menurunkan tim lapangan yang bertujuan untuk memverifikasi dan validasi data atas rekomendasi tadi.

Ketiga, pihaknya akan melaksanakan rapat pleno bersama komunitas tempat tinggal dari lansia yang akan mendapatkan manfaat.

“Setelah itu kami akan mengeluarkan SK untuk Wali Kota Bontang terkait penerima Rantang Kasih,” jelasnya.

Setelah itu kelompol masyarakat akan melakukan pemberian makan yang sudah direkomendasikan oleh Dinas Kesehatan terkait makanan apa saja yang dapat mereka hidangkan. Setiap harinya kelompok masyarakat akan melakukan penganatas sebanyak dua kali pagi dan sore hari.

Pihaknya berharap dengan adanya program ini akan memberikan manfaat terutama bagi lansia yang ada di Kota Bontang.

Print Friendly, PDF & Email

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
@media print { .stream-item-above-post } }