ADVERTORIALBONTANG

Dinsos-PM Bontang Harap Masyarakat Berperan Aktif Laporkan Keberadaan Warga yang Kurang Sejahtera

Longtime.id – Dinas Sosial dan Pemberdayaan Masyarakat (Dinsos-PM) Bontang mengajak masyarakat untuk berperan aktif dalam melakukan pelaporan aktif kepada RT terkait masyarakat yang kurang dalam hal pemberdayaan ataupun penelantaran.

Kepala Dinsos PM Kota Bontang, Toetoek Pribadi Ekowati mengatakan bahwa masyarakat memiliki peran penting untuk memberitahu kepada pemerintah jika ada warga yang kekurangan atau bahkan terlantar.

“Meskipun Bontang ini kecil, tapi tidak mungkin wilayah terpencil bisa kami pantau jika tidak ada bantuan dari warga, RT dan kelurahan,” terangnya saat ditemui, Rabu (7/8/24).

Toetoek menjelaskan pekerja sosial masyarakat (PSM) yang dinaungi oleh Dinsos-PM sendiri sudah ada masing-masing di tiap kelurahan, namun jika hanya satu orang untuk satu kelurahan akan sulit melakukan rekapitulasi maupun pantauan untuk tiap sisi kelurahan.

Lebih lanjut, ia juga mengatakan bahwa ada Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK), mereka yang nantinya bisa menjadi salah satu perbantuan untuk melihat kondisi dari laporan-laporan masyarakat.

“Merekalah ujung tombak kita sebagai alat deteksi dimana mereka yang dapat menemukan masalah-masalah kesejahteraan,” terangnya.

Oleh sebab itu, ia berharap masyarakat tidak hanya membiarkan jika melihat ancaman kesejahteraan terjadi di suatu tempat. Karena salah satu sebab yang Kota Bontang hadapi dalam stunting adalah adanya penelantaran ataupun pembiaran.

Anak terlantar, keluarga yang terlantar, gelandangan, dan masih banyak lagi. Hal itu harus dilaporkan untuk membuat Kota Bontang menjadi lebih baik. Kepedulian kepada masyarakat sekitar harus ditingkatkan.

“Kita bantu sesama dengan adanya pelaporan,” tutupnya.

Print Friendly, PDF & Email

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
@media print { .stream-item-above-post } }