ADVERTORIALBONTANG

Wisata Literasi, Program DPK Bontang Tingkatkan Kunjungan Pelajar di Perpustakaan

Longtime.id – Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) Bontang selalu berupaya meningkatkan kunjungan publik ke perpustakaan. Salah satu program unggulan mereka dalam menggerek kunjungan di perpustakaan ialah melalui wisata literasi.

Kepala DPK Bontang, Retno Febriaryanti mengatakan, dalam kegiatan itu pihaknya biasa melakukan sosialisasi ke sekolah tentang kegiatan wisata literasi. Atau bisa juga, pihak sekolah mengajukan kunjungan ke perpustakaan. “Biasanya Senin-Kamis, mulai dari PAUD sampai SMA,” jelasnya Selasa (16/7/24).

Sesuai dengan jadwal, di hari Senin biasanya terdapat kunjungan dari murid PAUD maupun TK. Selasa untuk pelajar SD, Rabu untuk pelajar SMP dan Kamis untuk SMA atau SMK.

Adapun tujuan dari kegiatan ini untuk meningkatkan kunjungan publik di Perpustakaan Daerah Kota Bontang.

Untuk anak-anak PAUD maupun TK, pihak perpustakaan daerah akan memberikan runtutan jadwal. Yang pertama, bercerita, menonton film, mewarnai dan mewarnai. Namun untuk pelajar SMP, SMA/SMK pihaknya menyerahkan ke sekolah kegiatan apa saja yang akan mereka lakukan di perpustakaan

“Karena mereka sudah dewasa makanya kami serahkan ke pembimbing sesuai dengan inovasi mereka masing-masing,” katanya.

Kegiatan tersebut biasanya bisa menjadi pengganti pelajaran di hari tersebut. Dengan harapan nantinya para pelajar dapat menemukan kenyamanan di perpustakaan sehingga mereka dapat kembali lagi ke perpustakaan daerah Bontang tanpa kegiatan khusus.

“Jadi mereka bisa balik lagi, mungkin sekedar membaca atau bagaimana, berarti kan mereka sudah tertarik dengan literasi, khususnya buku,” tambahnya.

Print Friendly, PDF & Email

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
@media print { .stream-item-above-post } }