ADVERTORIALBERITASAMARINDA

Disdikbud Gelar Pelatihan Manajemen bagi Kepala SMK Se-Kaltim

(istimewa).

Longtime.id – Bidang Pembinaan Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Kalimantan Timur selenggarakan Pelatihan Penguatan Manajamen Kepala Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Provinsi Kalimantan Timur yang diikuti 219 orang yang terdiri 131 Kepala SMK Negeri dan 88 Kepala SMK Swasta, beberapa waktu lalu.

Dalam sambutan Kepala Bidang Pembinaan GTK Armin berpesan pada pembukaan yang digelar di Ballroom hotel Mercure Samarinda tersebut bahwa kepala sekolah dapat lebih memahami secara komprehensip tentang kompetensi minimum kepala sekolah yaitu kompetensi kepribadian, manajerial, kewirausahaan, supervisi dan sosial.

“Sesuai Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomot 13 Tahun 2007 tentang Standar Kepala Sekolah yang menyatakan bahwa seorang kepala sekolah harus memiliki lima dimensi kompetensi minimal yaitu kompetensi kepribadian, manajerial, kewirausahaan, supervisi dan sosial agar kualitas pendidikan khususnya SMK lebih meningkat,” ucap Armin.

Sementara melalui Laporan Ketua Panitia yang disampaikan oleh Farida Ariyani Nur pelaksanaan pelatihan bagi Kepala SMK kali ini digelar selama 4 hari yang dimulai pada 24 hingga 27 Oktober dengan menghadirikan narasumber yang berasal dari Mantan Wakil Gubernur Kalimantan Timur Hadi Mulyadi, LAN RI Provinsi Kalimantan Timur, BKD Provinsi Kaltim dan FKIP Universitas Mulawarman.

Adapun dasar pelaksanaan kegiatan selain dari Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan, Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 13 tahun 2007 tentang Standar Kompetensi Kepala Sekolah/Madrasah juga dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. (ain/adv)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button