ADVERTORIALBERITAKUTAI TIMUR

Ketua DPRD Kutim Ingatkan Masyarakat Waspada Potensi Kebakaran

Longtime.id – Potensi kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) cukup tinggi di wilayah Kutai Timur (Kutim). Tak hanya itu, pemukiman warga pun rawan dilahap si jago merah. Apalagi saat ini adalah musim kemarau.

Ketua DPRD Kutim, Joni menyebut, kebakaran suatu wilayah tentu akan berdampak terhadap kehidupan sehari-hari. Sehingga dirinya memberi imbauan kepada masyarakat agar tetap waspada dan mengantisipasi terjadinya kebakaran. “Percikan api kecil saja dapat menimbulkan kebakaran yang besar. Apalagi saat ini musim kemarau, jadi sangat rentan terjadi kebakaran,” jelasnya belum lama ini.

Ia memberikan contoh beberapa kasus yang bisa menimbulkan kebakaran. Seperti abaik saat memasak di dapur dan membakar sampah sembarangan. Joni mengatakan, dalam melakukan aktivitas tersebut tetap harus dijaga dan waspada. “Pastikan semuanya aman sebelum ditinggalkan. Supaya tidak terjadi sesuatu yang tidak diinginkan,” katanya.

Tak hanya itu, ia juga mewanti-wanti masyarakat yang kerap membuang puntung rokok sembarangan. Meski terlihat sepele, namun kata dia, tidak menutup kemungkinan berpotensi menyebabkan kebakaran.

Sering merokok, juga dapat potensial untuk menyulut kebakaran, jika puntung rokok dibuang sembarangan. Sebab dengan kondisi kemarau, maka semua jadi kering, sangat rentan terbakar. “Dengan puntung rokok saja bisa mengakibatkan kebakaran rumah atau hutan, kalau tidak hati-hati,” tambahnya. (adv)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button