ADVERTORIALBERITASAMARINDA

Dishub Kaltim Menjelaskan Faktor-faktor yang Mempengaruhi Tingginya Harga Tiket Pesawat Rute Berau

(ilustrasi).

Longtime.id – Kontroversi seputar harga tiket pesawat rute Berau yang dinilai tinggi terus menjadi sorotan masyarakat. Aksi protes di depan Kantor Gubernur Kaltim yang menuntut penurunan harga tiket pun telah seringkali terjadi.

Kepala Dinas Perhubungan Kaltim, Yudha Pranoto, memberikan penjelasan untuk mengungkap beberapa aspek terkait permasalahan ini.

Menurut Yudha, masalah harga tiket pesawat yang dianggap mahal bukan hanya terjadi di Berau, melainkan juga di daerah lain.

“Semuanya juga mahal, kemudian mahal atau tidak itu tergantung pesawatnya, tergantung jumlah penumpangnya,” ujarnya.

Yudha menjelaskan bahwa pesawat yang melayani rute Berau adalah jenis ATR dengan kapasitas 70 orang. Keterbatasan jumlah penumpang dan pesawat yang relatif kecil mempengaruhi perhitungan biaya operasional, yang pada akhirnya memengaruhi penentuan harga tiket.

“Pesawat besar dengan jumlah penumpang banyak otomatis harga tiketnya bisa ditekan. Pesawat yang mendarat di Berau ini jenis ATR kapasitas 70 orang. Dengan penumpang yang kecil dan sedikit tentunya untuk menutup biaya operasional mereka harus menaikkan harga untuk menutup,” tambahnya.

Dia juga menegaskan bahwa penentuan harga tiket pesawat tidak menjadi kewenangan Dinas Perhubungan Kaltim, melainkan merupakan keputusan dari kementerian terkait.

“Yang tidak kalah pentingnya penentuan dasar harga batas atas dan bawah itu yang menentukan bukan kita, tapi kementerian,” ungkapnya.

Selain itu, Yudha menyebut bahwa kenaikan harga avtur juga menjadi faktor penting yang memengaruhi harga tiket pesawat. “Ditambah lagi harga avtur itu naik,” katanya.

Penjelasan ini diharapkan dapat memberikan pemahaman yang lebih komprehensif kepada masyarakat mengenai faktor-faktor yang mempengaruhi harga tiket pesawat rute Berau. (adv)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button