ADVERTORIALBERITASAMARINDA

AHK Beberkan Alasan DBON Fokus Cetak Juara, Bukan Pelatih

(istimewa).

Longtime.id – Desain Besar Olahraga Nasional (DBON) Kaltim memiliki tugas utama. Yakni mencetak atlet berprestasi di ajang nasional hingga internasional melalui pembinaan secara dini.

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kaltim, Agus Hari Kesuma (AHK) membeberkan, alasan DBON lebih berfokus kepada mencetak juara dibandingkan mencetak pelatih.

Salah satunya ialah budaya olahraga di Indonesia dimana seseorang yang menjadi pelatih merupakan mantan atlet. Sehingga jarang ditemukan pelatih berumur muda.

“Kita namanya desain itu nggak bisa begitu. Wasit bola itu usia pensiunnya ada. Wasit-wasit bola itu 45 tahun. Makanya tugas kami tidak mencetak pelatih,”ujarnya.

Selain itu, sport science di Kaltim masih belum ada. Sport science sendiri merupakan penerapan berbagai ilmu pengetahuan seperti ilmu kepelatihan, biomekanika, motor control dan motor development, psikologi, nutrisi dan masih banyak lagi.

Dikarenakan DBON Kaltim mengejar adanya sport science, maka sepatutnya hal tersebut diperuntukkan untuk para atlet. Karena, dengan mencetak juara maka pelatih pun juga dipastikan berkualitas.

“Kalau kita sudah punya sport science, maka kita bisa menentukan seseorang cocok di cabor (cabang olahraga) mana. Itu ada mesinnya,”tegasnya.

Mesin tersebut pun bisa menentukan seseorang tersebut lebih cocok menjadi pelatih atau atlet apabila kapasitas fisik dia tak terpenuhi.(*)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button