ADVERTORIALBERITABONTANG

Dongkrak Jumlah Wisatawan di Bontang, BW Dorong Pemkot Bentuk Badan Promosi Wisata Daerah

Bakhtiar Wakkang. (Dok. Longtime.id)

Longtime.id – Anggota Komisi II DPRD Bontang, Bakhtiar Wakkang, mendorong Pemkot Bontang melalui Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Dispopar) membentuk Badan Promosi Wisata Daerah (BPPD). Hal itu dinilai sejalan dengan Peraturan Pemerintah (PP) nomor 50 Tahun 2016 dan Peraturan Menteri Pariwisata Nomor 2 Tahun 2016.

Pria yang akrab disapa BW itu menyampaikan, pembentukan BPPD ini guna membantu kerja Pemkot Bontang dalam hal mendongkrak jumlah wisatawan yang datang ke Bontang. Di sisi lain, diharapkan juga mampu meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD). Sebab, lembaga ini nantinya akan fokus untuk mengemas tampilan Bontang agar dapat menarik wisatawan untuk berkunjung. Dengan begitu, pariwisata di Bontang bisa semakin dikenal oleh masyarakat luas.

Di sisi lain, lembaga tersebut juga memaksimalkan potensi kearifan lokal dalam sektor pariwisata tersebut. Adapun sumber pendanaannya, bisa dilakukan melalui APBD, APBN, ataupun bersumber dari pihak-pihak lain yang memiliki ketertarikan dengan dunia pariwisata.

“Ini kan juga sesuai dengan visi misi Wali Kota untuk terus mengembangkan pariwisata di Kota Bontang. Nanti regulasinya tinggal dimuat dalam Perwali (Peraturan Wali Kota),” ucap BW saat dikonfirmasi, Selasa (5/9/2023).

Politisi Nasdem itu menilai, promosi wisata Bontang saat ini masih belum maksimal. Sebab bertumpu pada satu Organisasi Perangkat Daerah (OPD). Dengan adanya lembaga tersebut, diharapkan masalah teknis bisa dioptimalkan secara mandiri. Hal itu, kata BW, sudah diterapkan di daerah-daerah lain seperti Jawa maupun Sumatera. “Hasilnya terbukti sangat berdampak besar terhadap peningkatan jumlah kunjungan wisata,” pungkasnya. (Adv)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button