ADVERTORIALBERITAKUTAI TIMUR

Workshop Implementasi Kurikulum Merdeka: Guru Agama di Kutim Bersatu untuk Pendidikan yang Lebih Berkualitas

Longtime.id – Pendidikan yang berkualitas merupakan pondasi penting bagi masa depan sebuah bangsa. Dalam semangat untuk meningkatkan mutu pendidikan di Kabupaten Kutai Timur (Kutim), ratusan Guru Pendidikan Agama Islam (PAI) dari tingkat SD dan SMP berkumpul dalam Workshop Implementasi Kurikulum Merdeka.  

Acara ini diadakan di Pendopo Rumah Jabatan Bupati Kutim pada Senin (24/7/2023). Workshop ini bukan hanya sekadar pelatihan, namun juga menjadi wadah yang sangat bernilai bagi guru-guru untuk saling berbagi pengetahuan.  

Workshop ini menjadi kolaborasi antara AGPAII (Asosiasi Guru Pendidikan Agama Islam Indonesia) Kutim, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kutim, serta Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kutim. Acara dibuka secara resmi oleh Bupati H Ardiansyah Sulaiman dan dihadiri oleh para guru agama dari seluruh Kabupaten Kutim. Pada pukul 08.45 WITA, acara dimulai dengan nyanyian lagu kebangsaan “Indonesia Raya” dan dilanjutkan dengan Mars Kutim dan Mars PAI, serta pembacaan ayat suci Al-Qur’an.  

Dalam sambutannya, Bupati Ardiansyah Sulaiman mengungkapkan pentingnya Kurikulum Merdeka dalam menghadapi perubahan zaman. Dia menekankan bahwa sinergi antara lembaga pendidikan dan pihak-pihak terkait, termasuk orang tua, sangat krusial dalam mendukung transisi pendidikan dari PAUD ke SD.  

“Kita berharap para guru PAI dapat mengimplementasikan kurikulum ini dengan semaksimal mungkin, memberikan pengalaman terbaik dalam pendidikan agama Islam tanpa mengurangi tujuan utama,” ungkap Ardiansyah.  

Lebih lanjut, Bupati meminta agar program pendidikan agama Islam terus ditingkatkan. Dia mengajak Kadisdikbud Kutim untuk menjalankan program-program yang meningkatkan pemahaman agama di sekolah-sekolah, tak hanya untuk agama Islam, namun juga agama-agama lain.  

Pentingnya peran guru dalam pendidikan juga diakui oleh Ketua AGPAII Kutim, Rusini. Dia berharap agar Guru PAI lebih mendapatkan perhatian dan pembinaan yang lebih serius, serta mendukung program wajib mengaji di sekolah-sekolah di Kutim.  

Kegiatan ini merupakan bukti nyata bahwa Bupati Kutim sangat mendukung peningkatan kapasitas sumber daya manusia (SDM) di bidang pendidikan. Workshop ini diharapkan menjadi salah satu dari serangkaian kegiatan yang bisa dilakukan secara berkala dalam setahun.  

Dalam upaya mendukung visi “Menata Kutai Timur Sejahtera Semua”, Kadisdikbud Kutim, Mulyono, menyatakan komitmennya untuk memberikan dukungan terbaik dalam sektor pendidikan, termasuk pembinaan agama. Dalam waktu dekat, akan diadakan program ekstrakurikuler tambahan di sekolah-sekolah yang melibatkan Guru TPA dengan dukungan Ummi Foundation.  

Sebagai penutup, Mulyono memotivasi para guru agar tetap memegang profesionalisme dan percaya diri dalam melaksanakan tugas mereka. Kegiatan ini menjadi bukti nyata bahwa Kabupaten Kutai Timur serius dalam meningkatkan mutu pendidikan dan mengembangkan SDM di bidang pendidikan.   (Red)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button