ADVERTORIALBERITAKUTAI TIMUR

Koperasi di Kutim Dibekali Keterampilan Akuntansi untuk Pertumbuhan Lebih Baik  

Longtime.id – Dinas Koperasi Usaha Kecil dan Menengah (Diskop UMKM) Kabupaten Kutai Timur (Kutim) terus berupaya mengangkat kualitas pengelolaan koperasi dengan menyelenggarakan pelatihan akuntansi selama tiga hari di Teras Belad Cafe and Resto Sangatta, mulai Senin 24 Juli 2023 hingga Rabu 26 Juli 2023.  

Pelatihan akuntansi koperasi angkatan keenam ini diikuti oleh 30 peserta dari berbagai koperasi yang berbasis di Kecamatan Batu Ampar, Muara Ancalong, dan Muara Wahau. Materi pelatihan disampaikan oleh tenaga ahli dari pusat layanan umum terpadu (PLUT) Mandiri Kaltim. Bupati Kutim, Ardiansyah Sulaiman, membuka acara ini dan secara simbolis memasangkan kartu tanda peserta kepada dua perwakilan peserta.  

Sekretaris Koperasi UKM Kutim, Akhmad Ashari, serta Kepala Bidang Kelembagaan dan Pengawasan, Firman Wahyudi, turut hadir dalam kegiatan ini. Bupati Ardiansyah Sulaiman dalam arahannya mengungkapkan bahwa pelatihan ini merupakan langkah penting untuk mendorong aktifitas koperasi di Kutim dalam meningkatkan kualitas manajemen mereka sehingga dapat berkembang menjadi koperasi yang kuat dan berdaya saing.  

“Pelatihan akuntansi yang diselenggarakan oleh Diskop UMKM ini akan memberikan pengetahuan dan keterampilan dalam pengelolaan manajemen koperasi kepada para pengurus, sehingga mereka dapat mengelola koperasi dengan lebih efisien dan efektif,” tegas Bupati Ardiansyah.  

Sekretaris Diskop UMKM, Akhmad Ashari, menambahkan bahwa pemerintah memiliki target untuk mengubah 500 koperasi menjadi koperasi modern. Dia berharap koperasi di Kutim dapat mengadopsi model koperasi modern yang fokus pada tata kelola yang baik, inovasi, dan teknologi informasi.  

“Diskop UKM Kutim berkomitmen untuk terus memberikan dukungan dan pelatihan kepada pengurus koperasi di Kutim guna meningkatkan kualitas pengelolaan koperasi secara keseluruhan. Hal ini diharapkan akan membantu koperasi-koperasi tumbuh dan memberikan manfaat yang lebih besar bagi anggota dan masyarakat sekitarnya,” ujar Akhmad Ashari.  

Pelatihan ini adalah bagian dari upaya nyata Pemerintah Kabupaten Kutai Timur untuk mendorong koperasi menjadi entitas yang lebih profesional dan berkontribusi signifikan dalam perkembangan ekonomi lokal. Dengan membekali pengurus koperasi dengan keterampilan akuntansi, diharapkan pengelolaan keuangan koperasi dapat lebih transparan, akurat, dan berkelanjutan. (Red)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button