ADVERTORIALBERITAKUTAI TIMUR

Pemkab Kutim Siapkan Strategi Inovatif dalam Rancangan KUA PPAS 2024  

Longtime.id – Fokus pada peningkatan kualitas belanja pemerintah daerah demi mendorong pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat Kutai Timur (Kutim), Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kutim menyampaikan tanggapan terhadap pandangan umum fraksi-fraksi DPRD terkait Rancangan Kebijakan Umum Anggaran (KUA) dan Prioritas Plafon Anggaran Sementara (PPAS) tahun 2024.  

Rapat paripurna ke-19 ini dipimpin oleh Ketua DPRD Kutim, Joni, dan diikuti oleh 25 anggota DPRD Kutim. Acara ini berlangsung di Ruang Sidang Utama DPRD pada Kamis (20/7/2023).  

Dalam tanggapannya, Wakil Bupati Kutim, Kasmidi Bulang, menyampaikan bahwa Pemkab berkomitmen untuk meningkatkan kualitas belanja pemerintah daerah guna mendukung pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat. Di tengah peningkatan pendapatan dan belanja pada APBD 2024, Pemkab telah merumuskan langkah-langkah strategis yang efisien dalam penyusunan dan pelaksanaannya.

“Peningkatan infrastruktur dasar di Kutim akan terus dievaluasi, terutama progres dari proyek-proyek multiyear yang juga berkontribusi dalam memberikan lapangan pekerjaan dan sumber penghasilan bagi masyarakat,” kata Kasmidi saat membacakan tanggapan pemerintah.  

Kasmidi juga mengajak seluruh fraksi untuk bersama-sama mengawal proses pembangunan. Ia menyoroti pentingnya digitalisasi pelayanan dan optimalisasi sistem perangkat daerah sebagai bagian dari upaya mencapai target Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kutim. Hal ini juga sejalan dengan upaya menjadikan Kutim sebagai daerah penyangga bagi Ibu Kota Nusantara (IKN).  

Lebih lanjut, Kasmidi menegaskan komitmen pemerintah dalam melakukan ekstensifikasi dan intensifikasi potensi pajak daerah untuk meningkatkan pendapatan asli daerah. Ia berharap penyusunan Rancangan KUA PPAS dapat dilakukan tepat waktu.  

“Kami mengharapkan agar Rancangan KUA PPAS ini dapat terus dikoordinasikan dan berlanjut hingga menjadi Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kutim tahun 2024. Semoga proses pembahasan KUA PPAS yang merupakan bagian awal dalam penyusunan APBD 2024 berjalan lancar dan sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan,” pungkas Kasmidi.   (Red)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button