ADVERTORIALBERITAKUTAI TIMUR

Pulau Miang Diresmikan sebagai Kampung Bahari Nusantara Tingkat Nasional, Wapres Ma’ruf Amin Dorong Pemberdayaan Maritim

Longtime.id – Wakil Presiden Republik Indonesia (RI), Ma’ruf Amin, secara resmi meresmikan Pulau Miang sebagai Kampung Bahari Nusantara (KBN) Tingkat Nasional. KBN yang merupakan inisiatif dari Tentara Nasional Indonesia Angkatan Laut (TNI AL) ini diresmikan pada Senin (15/5/2023) di Pulau Untung Jawa, Kabupaten Kepulauan Seribu.  

Upacara peresmian KBN ini dilakukan serentak di 68 Satuan Komando Wilayah TNI AL dengan tema “Kampung Bahari Nusantara Tentara Nasional Indonesia Angkatan Laut (TNI AL) Siap Meningkatkan Produktivitas Untuk Transformasi Ekonomi yang Inklusif dan Berkelanjutan Bagi Masyarakat Maritim yang Sejahtera”.  

Bupati Kutai Timur (Kutim), Ardiansyah Sulaiman, turut hadir secara virtual dalam acara tersebut, didampingi oleh Ketua DPRD Kutim Joni, Danlanal Sangatta Letkol Laut (P) Shodikin, Dandim 0909/KTM Letkol Inf Adi Swastika, Kapolres Kutim AKBP Ronni Bonic, Kajari Kutim Romlan Robin, kepala OPD di lingkungan Pemkab Kutim, serta perwakilan dari berbagai perusahaan. Peresmian KBN dilaksanakan di Kawasan Pantai Kenyamukan Sangatta.  

Dalam sambutannya, Wapres Ma’ruf Amin berharap bahwa TNI AL dapat menjadi panduan bagi masyarakat pesisir dalam mengintegrasikan isu perubahan iklim dalam program literasi dan edukasi di KBN.  

“Program KBN TNI AL juga harus memprioritaskan isu lingkungan dan perubahan iklim,” ungkap Wapres.  

Beliau juga menambahkan bahwa isu perubahan iklim berkaitan erat dengan pengembangan potensi pariwisata maritim yang merupakan bagian dari program KBN. Potensi pariwisata ini telah menjadi sumber pendapatan tambahan bagi masyarakat sekitar.  

“Program KBN yang digagas oleh TNI AL mencakup klaster pariwisata maritim sebagai pendorong tambahan bagi kehidupan masyarakat, yang juga berhubungan dengan dampak dari perubahan iklim,” tambahnya.  

Pentingnya upaya pengelolaan ekosistem maritim dan pesisir juga ditekankan oleh Wapres, karena hal ini memiliki dampak signifikan dalam mengurangi kerusakan lingkungan.  

Setelah peresmian, Danlanal Sangatta Letkol Laut (P) Shodikin menjelaskan bahwa KBN merupakan program TNI AL yang bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat pesisir dalam berbagai bidang seperti kesehatan, pendidikan, ekonomi, pariwisata, dan pertahanan.

“KBN memiliki klaster edukasi, ekonomi, kesehatan, pariwisata, dan pertahanan. Kami berharap KBN di Pulau Miang ini dapat menarik wisatawan dan berkontribusi dalam meningkatkan ekonomi masyarakat,” harapnya. (Red)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button