ADVERTORIALBERITA

Maksimalkan Penarikan Pajak, Dewan Dukung Pembentukan Juru Sita

Wakil Ketua DPRD Bontang, Agus Haris. (Dok. longtime.id)

Longtime.id – Rencana pemerintah daerah yang akan membentuk Juru Sita guna mengoptimalkan penarikan wajib pajak disambut baik Wakil Ketua DPRD Bontang, Agus Haris. Pembentukan ini memang diperlukan agar penarikan pajak  (PBB) masyarakat lebih maksimal. Apalagi sektor utama pendapatan daerah adalah dari pajak.

“Saya sepakat kalau pemerintah mau bentuk itu, jadi lebih maksimal. Memang harus ada tim yang mendatangi. Tapi jangan seperti penarik yang kayak debt colector,” ujarnya saat ditemui usai rapat paripurna DPRD Bontang, Selasa (13/09).

Meski demikian, ia menyarankan agar terlebih dahulu melakukan sosialisasi kepada masyarakat, untuk mencegah terjadinya kesalahpahaman di kemudian hari.”Sembari dibentuk sebaiknya terlebih dahulu dilakukan sosialisasi ke masyarakat,” katanya.

Sebelumnya, Kabid PBB dan BPHTB Bappenda Bontang Lukmanul Hakim menuturkan, kesadaran wajib pajak masyarakat Bontang masih sangat rendah. Bahkan dari 46.700 wajib pajak hanya 50 persen yang menaati pajak.

“Secara target memang sudah terpenuhi. Karena ada perusahaan-perusahaan yang membayar pajak. Tapi secara kuantitas tidak terpenuhi,” tuturnya.

Padahal, pihaknya telah membentuk agen pajak yang tergabung dari lingkup OPD, kecamatan, kelurahan bahkan RT se-Kota Bontang, agar dapat memaksimalkan penarikan pajak. (Adv/DPRD)

Print Friendly, PDF & Email

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
@media print { .stream-item-above-post } }