ADVERTORIALBERITABONTANG

Perkuat Komitmen Pencegahan Kekerasan di Sekolah, Disdikbud Bontang Dukung Penuh Program TPPK

Longtime.id – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Bontang menegaskan komitmen mereka dalam mendukung program Tim Pencegahan dan Penanganan Kekerasan (TPPK) di sekolah-sekolah. TPPK dibentuk sebagai implementasi Permendikbudristek Nomor 46 Tahun 2023 untuk menciptakan lingkungan pendidikan yang aman dan bebas dari kekerasan.

Di SMPN 3 Bontang, pembentukan TPPK sudah dilakukan sejak November 2023. Wakil Kepala Sekolah Bidang Kurikulum, Rahayu Novita, menyatakan bahwa pembentukan tim ini adalah langkah nyata dalam menindaklanjuti peraturan tersebut.

“Kami merasa masih perlu pendampingan lebih dari dinas terkait dalam pelaksanaannya di lapangan,” ungkap Rahayu.

Meskipun para guru telah mengikuti bimbingan teknis (bimtek), Rahayu menambahkan bahwa penanganan kasus-kasus rumit, seperti kekerasan fisik dan keterlibatan narkoba, memerlukan arahan lebih lanjut. TPPK di SMPN 3 tidak hanya bertugas menangani laporan kekerasan, tetapi juga memberikan rekomendasi program pencegahan dan pendampingan bagi korban.

“Kolaborasi antara sekolah dan Disdikbud sangat penting dalam menangani kasus-kasus kekerasan,” jelas Rahayu. Ia berharap dukungan yang lebih konkret dapat diberikan saat menghadapi kasus serius.

Sementara itu, Sekretaris Disdikbud Bontang, Saparuddin, juga menekankan dukungan pihaknya terhadap setiap satuan pendidikan. Ia menjelaskan, peran Disdikbud dalam program TPPK tidak hanya sebatas memberikan pelatihan, tetapi juga memastikan setiap satuan pendidikan dapat menjalankan fungsinya dengan baik.

“Kami telah mengadakan bimtek untuk para guru dan akan terus memantau perkembangan di lapangan,” ujarnya Minggu (13/10/2024).

Saparuddin berharap, dengan bekal bimtek tersebut, para guru yang tergabung dalam TPPK mampu melaksanakan tugasnya secara optimal sehingga dapat menciptakan lingkungan pendidikan yang aman dan bebas dari kekerasan. (adv)

Print Friendly, PDF & Email

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
@media print { .stream-item-above-post } }