ADVERTORIALBONTANG

Basri Rase Resmi Buka Perkemahan Wirakarya Tingkat Kaltim 2024

Longtime.id – Wali Kota Bontang, Basri Rase, memimpin apel besar peringatan Hari Pramuka ke-63 Tahun 2024 tingkat Kaltim. Kegiatan ini juga dirangkai dengan pembukaan Perkemahan Wirakarya Tingkat Daerah Kalimantan Timur tahun 2024 di Stadion Taman Prestasi, Bontang Lestari, Rabu (14/8/24).

Basri menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada kakak Pramuka Kwarcab dari kabupaten kota di Kalimantan Timur yang datang langsung ke Bontang dalam rangka Peringatan Hari Pramuka ke-63 Tahun 2024.

Basri membacakan sambutan Pj Gubernur Kaltim, Akmal Malik. Ia memaparkan bahwa tema peringatan Hari Pramuka Ke-63 tahun ini ialah ”Pramuka Berjiwa Pancasila Menjaga NKRI”. Tema tersebut sangat relevan dengan tantangan zaman yang dihadapi.

Dalam era globalisasi dan digitalisasi yang semakin kompleks, kata Basri, Gerakan Pramuka memainkan peran penting guna membentuk semangat dan karakter anak muda, khususnya dalam nilai-nilai keindonesiaan. Oleh sebab itu, ia berharap anak muda yang masuk dalam gerakan Pramuka diharapkan bisa menjaga nilai-nilai patriotisme dan kecintaan terhadap tanah air Indonesia.

“Pramuka tidak hanya melahirkan generasi yang tangguh dan mandiri, tetapi juga generasi yang memiliki kecintaan mendalam terhadap Pancasila sebagai dasar negara dan pandangan hidup bernegara,” terangnya.

Gerakan Pramuka di Kalimantan Timur diharapkan dapat terus berkembang dan berinovasi, menjawab tantangan zaman dengan tetap berpegang teguh pada nilai-nilai dasar yang telah menjadi landasan sejak awal berdirinya.

Selain itu Perkemahan Wirakarya, yang kemudian di singkat PW, adalah pertemuan Pramuka berbentuk perkemahan besar untuk anggota Pramuka Penegak dan Pandega.

“Ini menjadi momentum bagi para peserta untuk memperdalam nilai-nilai kebersamaan, gotong royong, dan kerja nyata,” bebernya

Hal itu terwujud dengan melalui berbagai kegiatan yang diadakan, Basri berharap para peserta dapat mengaplikasikan prinsip-prinsip Pancasila dalam kehidupan sehari-hari dan menjadi teladan bagi masyarakat luas, tidak hanya berhenti dalam kegiatan Pramuka saja.

“Saya juga mengajak seluruh lapisan masyarakat, termasuk para orang tua, pendidik, dan tokoh masyarakat, untuk mendukung penuh kegiatan Pramuka,” tutupnya.

Print Friendly, PDF & Email

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
@media print { .stream-item-above-post } }