ADVERTORIALBERITAKUTAI TIMUR

Akses Jalan Sempit dan Instalasi Kabel Tidak Standar Picu Kebakaran di Sangatta Utara Dikritik Dewan

Longtime.id – Kebakaran yang melanda Gang Musolla, Sangatta Utara, beberapa waktu lalu, mendapat perhatian serius dari anggota DPRD Kutai Timur (Kutim), Sobirin Bagus. Ia mengkritisi sempitnya akses jalan di wilayah tersebut, yang menghambat petugas pemadam kebakaran untuk segera tiba di lokasi.

“Armada pemadam kebakaran lambat tiba ke lokasi karena akses jalan yang sempit. Dinas terkait seharusnya mencari solusi untuk daerah dengan jalan yang tidak memadai,” ujar Sobirin, yang juga menjadi salah satu korban dalam musibah tersebut.

Daerah padat penduduk memang rentan terhadap kebakaran. Jika akses jalan tidak memadai, penanganan kebakaran menjadi lamban dan api dapat cepat meluas. Sobirin menekankan bahwa kejadian serupa sering terjadi di Kutai Timur, dengan kendala evakuasi dan pemadaman yang masih sama.

Selain itu, Sobirin juga mengkritik instalasi kabel listrik oleh PLN yang dinilainya tidak memiliki standarisasi. Menurutnya, hal ini menjadi salah satu penyebab kebakaran dan membahayakan masyarakat. “PLN jangan asal menyambungkan kabel, tapi harus memperhatikan apakah kabel yang dimiliki masyarakat sudah memenuhi standar atau tidak,” tegasnya.

Masalah standar kabel listrik yang dipasang di rumah-rumah warga juga menjadi sorotan anggota DPRD Kutim lainnya, Yosep Udau. Menurutnya, penggunaan material berkualitas tinggi sangat penting untuk menjaga keamanan, terutama dalam mencegah kebakaran. Hal ini ia sampaikan setelah menggelar rapat bersama Dinas Pemadam Kebakaran Kutim.

“Ketidakpahaman masyarakat sering kali membuat mereka membeli kabel yang tidak sesuai standar keamanan. Sebelum membeli kabel, pastikan dulu keamanannya,” ucap Yosep.

Ia juga menekankan pentingnya sosialisasi dari PLN mengenai kabel yang aman digunakan oleh masyarakat. “Jadi, jangan asal beli. Harus mencari tahu kabel mana yang sesuai standar keamanan. PLN yang memahami kebutuhan ini harus memberikan sosialisasi kepada masyarakat,” tambahnya.

Dengan adanya perhatian dan tindakan dari pemerintah serta PLN, diharapkan kejadian kebakaran seperti di Gang Musolla dapat diminimalisir dan keselamatan warga terjamin.(Red)

Print Friendly, PDF & Email

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
@media print { .stream-item-above-post } }