ADVERTORIALBERITABONTANG

DPK Bontang Gelar Lomba Bercerita Untuk Pelajar SD

Longtime.id – Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) Bontang menumbuhkan minat baca, kreativitas dan keterampilan berbicara depan umum sejak dini. Dengan menggelar lomba bercerita, di Kantor DPK Bontang Jalan HM Ardans, Kelurahan Satimpo, Kecamatan Bontang Selatan, Kamis (20/6/2024).

Kepala DPK Bontang, Retno Febriaryanti mengungkapkan pengumuman lomba ini sudah disebarkan ke seluruh SD di Kota Taman sejak minggu ketiga Februari.

Agar siswa mengirim video dan naskah paling lambat 30 April. Alhasil, ada sebanyak 33 peserta yang mengirimkan video mereka bercerita.

Kemudian, setelah para dewan juri menilai melalui video tersebut, keputusan akhir Mei lalu, terpilih 10 pelajar terbaik yang tampil pada hari ini.

“Kami sudah sampaikan ke seluruh SD di Bontang, untuk mengirim video murid-murid mereka, tapi hanya 33 yang kami terima,” ungkapnya.

Lanjut perempuan yang akrab disapa Retno ini, nantinya, akan dipilih 6 pemenang dengan penilaian yang dilihat dari penampilan, cara bercerita, penguasaan materi dan skill bertutur.

Kegiatan yang diadakan secara rutin ini untuk menumbuhkan minat baca, kreativitas dan keterampilan dalam berbicara yang ditanamkan sejak dini.

Selain itu, hal ini juga dapat mengasah kemampuan anak agar berani berbicara di depan umum dan menumbuhkan rasa cinta mereka terhadap literasi serta budaya lokal dengan mereka menceritakan cerita rakyat.

“Hari ini siswa siswi kelas 4 SD yang menjadi peserta, semoga dengan bercerita anak bisa meningkatkan imajinasi mereka,” ujarnya.

Sementara itu, Wali Kota Bontang, Basri Rase yang diwakili Asisten bidang Administrasi Umum Pemerintah Kota (Pemkot) Bontang, Ahmad Suharto mengatakan bahwa kemampuan ini sangat penting dilatih sejak dini, karena membaca itu mudah, tapi membuat cerita tersebut menjadi menarik butuh kemampuan lebih. “Dengan sering membaca, kemudian berbicara di depan umum, bisa melatih kemampuan anak menjadikan cerita lebih hidup, jadi imajinasi bisa menjadi luas,” jelasnya.

Print Friendly, PDF & Email

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
@media print { .stream-item-above-post } }