ADVERTORIALBERITAKUTAI TIMUR

Semarakkan Hardiknas 2023: Ardiansyah Serukan Merdeka Belajar Berdampak Positif

Longtime.id – Kabupaten Kutai Timur (Kutim) menyemarakkan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) tahun 2023 dengan upacara di halaman Kantor Bupati Kutim pada Rabu (3/5/2023) pagi. Bupati Ardiansyah Sulaiman memimpin upacara yang dihadiri sejumlah tokoh penting, termasuk Ketua DPRD Kutim Joni, Wakil Ketua I DPRD Kutim Asti Mazar, dan sejumlah pejabat lainnya.  

Dengan tema “Bergerak Bersama, Semarakkan Merdeka Belajar”, peringatan Hardiknas di Kutim dipenuhi semangat untuk meningkatkan kualitas pendidikan melalui pendekatan Merdeka Belajar yang telah diimplementasikan.  

Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Anwar Makarim, melalui sambutan yang dibacakan oleh Bupati Ardiansyah, menjelaskan bahwa guru dan siswa sekarang memiliki kesempatan untuk belajar secara lebih holistik. Guru yang dulunya dibatasi oleh peraturan yang kaku sekarang memiliki kebebasan untuk berinovasi dalam mengajar, berkat platform Merdeka Belajar dan Kurikulum Merdeka.  

Kurikulum Merdeka Belajar mengedepankan pembelajaran mendalam untuk pengembangan karakter dan kompetensi, sementara seleksi masuk perguruan tinggi kini lebih fokus pada kemampuan literasi dan berpikir analitis.  

Lebih lanjut, program Kampus Merdeka memberikan mahasiswa akses untuk belajar dan mengeksplorasi pengetahuan dan pengalaman di luar kampus.  

Dalam hal pendanaan, fleksibilitas Dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) dan Bantuan Operasional Pendidikan (BOP) memberikan kesempatan sekolah meningkatkan kualitas belajar. Perluasan program beasiswa juga membuka peluang untuk melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi, sementara dukungan dana riset telah mendorong inovasi yang bermanfaat.  

Bupati Ardiansyah menyampaikan bahwa peringatan Hardiknas menjadi momentum penting untuk merenung atas capaian dan tantangan yang dihadapi dalam pendidikan. Ia mengajak semua pihak terkait, dari tenaga pendidik hingga siswa, untuk terus berjuang memastikan Merdeka Belajar memberi dampak positif.  

Acara Hardiknas di Kutim juga dimeriahkan dengan penyerahan penghargaan bagi guru dan siswa berprestasi tingkat nasional dan internasional, serta penghargaan untuk pegawai ASN dan TK2D teladan di lingkungan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kutim.  

Pada akhirnya, semangat Hardiknas mengajak semua pihak untuk terus mendorong pendidikan yang memerdekakan, cerdas berkarakter, dan membawa Indonesia menuju masa depan yang gemilang. (Red)

Print Friendly, PDF & Email

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
@media print { .stream-item-above-post } }