ADVERTORIALBERITABONTANG

Pelajar SDN 008 Bontang Utara Disambangi Perpustakaan Keliling

Longtime.id – Literasi di SDN 008 Bontang Utara, perlahan dibenahi. Perpustakaan keliling yang merupakan program Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK), mengambil peran untuk memperkenalkan buku baru dan meningkatkan minat baca kepada anak sekolah.

“Kedatangan perpustakaan keliling selalu menjadi momen yang sangat ditunggu murid kami,” kata Kepala Sekolah SDN 008 Bontang Utara, Masita, Senin (16/09).

Kata dia, fasilitas tersebut tak disia-siakan murid SDN 008. Mereka antusias meningkatkan minat baca. Program perpustakaan keliling yang dilaksanakan setiap tiga bulan sekali memberikan akses tambahan bagi pelajar untuk membaca buku-buku yang tidak tersedia di perpustakaan sekolah.

“Karena ketersediaan buku di perpustakaan masih minim. Dan perpustakaan mampu memenuhi sebagian besar kekurangan buku di SDN 008,” jelasnya.

Dengan begitu, kata Masita, para pelajar memiliki kesempatan untuk mengeksplorasi berbagai jenis buku, yang mendukung peningkatan literasi mereka. Ia juga menyampaikan, program tersebut membantu anak sekolah untuk membaca setidaknya tiga judul buku dalam setahun.

Sementara itu, Sekertaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Bontang, Saparuddin menekankan pentingnya program ini sebagai langkah strategis dalam meningkatkan minat baca di lingkungan sekolah. “Kami percaya bahwa literasi adalah kunci utama dalam pembelajaran dan perkembangan akademik anak sekolah,” ujarnya.

Saparuddin juga menambahkan, dengan memperluas cakupan dan frekuensi perpustakaan keliling, pihaknya berharap dapat menciptakan dampak yang lebih besar. Disdikbud Bontang berkomitmen untuk terus mendukung dan mengembangkan program ini sehingga lebih banyak pelajar dapat merasakan manfaatnya.

“Hal ini penting untuk membentuk kebiasaan membaca yang lebih baik dan memperkaya pengalaman belajar anak sekolah. Perubahan positif dalam kebiasaan membaca siswa, yang pada akhirnya dapat mendukung pencapaian akademik mereka, bahkan memperluas pengetahuan serta wawasan,” jelasnya.

Saparuddin menginginkan, perpustakaan keliling DPK Bontang mampu menjangkau seluruh sekolah di Kota Taman. Selain itu, intensitasnya pun diharapkan bisa ditingkatkan, salah satu tujuannya agar minat baca dan perkembangan pengetahuan pelajar terus bertambah. (ADV/LT)

Print Friendly, PDF & Email

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
@media print { .stream-item-above-post } }