ADVERTORIALBERITAKUTAI TIMUR

Kaubun Sambut Dirgahayu RI ke-79 dengan Festival Budaya Meriah di Agrowisata Bhuana Sari


Longtime.id – Dalam rangka memperingati Dirgahayu ke-79 Republik Indonesia, Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Bhuana Sari Desa Bumi Rapak sukses menggelar Festival Budaya dengan tema “Kita Tingkatkan Persaudaraan Demi Mencapai Kaubun Bersatu, Kaubun Maju.” Acara ini resmi dibuka oleh Bupati Kutai Timur (Kutim), Ardiansyah Sulaiman, di Kawasan Agrowisata Bhuana Sari pada Minggu (11/8/2024).

Acara tersebut menampilkan berbagai kegiatan, termasuk penandatanganan caping oleh bupati dan kadis, penyerahan bantuan Otoped oleh PT GAM, penyerahan SK Pokdarwis Bhuana Sari, dan lomba karnaval budaya.

Dalam sambutannya, Bupati Ardiansyah Sulaiman mengapresiasi inisiatif Pokdarwis Bhuana Sari dan menekankan pentingnya acara ini untuk mengenalkan dan mengembangkan agrowisata Desa Bumi Rapak. “Event seperti ini tidak hanya melestarikan budaya tetapi juga menarik wisatawan dan memperkenalkan kekayaan lokal kita,” ujarnya.

Lebih lanjut, ia mengucapkan terima kasih kepada para tokoh adat dan budaya yang selalu melaksanakan kegiatan-kegiatan adat dan budaya di berbagai event di Kutim. Termasuk kegiatan Agrowisata Bhuana Sari Desa Bumi Rapak yang dilaksanakan pada hari ini. Ia berharap, event ini dapat terus berkembang dan menjadi agenda tahunan. “Mari kita bersama-sama merawat agrowisata ini sehingga terus memberikan manfaat terutama bagi pokdarwis Bhuana Sari dan masyarakat Desa Bumi Rapak pada umumnya,” ucapnya.

Kepala Dinas Pariwisata Kutim, Nurullah, menambahkan bahwa ada empat kategori utama dalam pariwisata yang perlu diperhatikan: kuliner, budaya, acara, dan keindahan alam. Ia mengharapkan Pokdarwis menampilkan berbagai kuliner khas suku yang ada di kawasan agrowisata.

“Jadi, saya minta kepada Pokdarwis untuk menyiapkan berbagai kuliner di kawasan agrowisata ini. Mengingat di sini terdapat beragam suku, upayakan agar makanan khas dari setiap suku tersebut bisa ditampilkan di sini,” ucapnya.

Sementara itu, Kepala Desa Bumi Rapak, Padil Hidayat, juga menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang terlibat. Ia berharap festival ini menjadi agenda tahunan yang terus berkembang dan memberikan manfaat bagi masyarakat.
“Kami sangat berterima kasih kepada Bapak Bupati serta seluruh masyarakat yang telah bersama-sama mewujudkan festival budaya ini. Semoga kegiatan ini bisa menjadi agenda tahunan yang terus berkembang dan memberikan manfaat bagi desa kita,” ujar Padil Hidayat.

Sebelumnya, Ketua Panitia Pelaksana, Yuliandi, mengungkapkan bahwa festival ini juga bertujuan untuk memperkenalkan agrowisata sawah Pokdarwis Bhuana Sari kepada masyarakat luas. “Kami informasikan yang berkunjung di sini sudah lintas kecamatan. Jadi bukan hanya warga masyarakat kaubun tetapi dari kecamatan lain. Selain itu, disini juga ada spot foto yang disupport oleh PT GAM dan juga tempat berjualan untuk UMKM,” singkatnya.

Turut hadir dalam festival tersebut Anggota DPRD Kutim Faizal Rachman, Ketua TP PKK Kutim Siti Robiah, Kadis DTPHP Dyah Ratnaningrum, Camat Kaubun Saprani, serta tokoh-tokoh penting lainnya termasuk perwakilan PT GAM. (Adv)

Print Friendly, PDF & Email

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
@media print { .stream-item-above-post } }