ADVERTORIALBONTANG

Dukung Kegiatan Pekerja Sosial di Tiap Kelurahan, Dinsos-PM Bontang Rencana Lakukan Pengadaan Motor

Longtime.id – Dinas Sosial dan Pemberdayaan Masyarakat (Dinsos-PM) Bontang berharap Pemkot bisa segera merealisasikan pengadaan motor untuk para pekerja sosial di 15 kelurahan.

Kepala Dinsos-PM Kota Bontang, Toetoek Pribadi Ekowati mengatakan, dalam rangka meningkatkan pelayanan kepada masyarakat yang masuk dalam kategori Pemerlu Pelayanan Kesejahteraan Sosial (PPKS). Keberadaan kendaraan operasional ini dinilai penting guna mendorong berbagai kegiatan sosial dan pemberdayaan di Bontang.

“Satu orang kami berikan tanggung jawab untuk satu kelurahan mendekteksi PPKS ini,” jelasnya, Rabu (7/8/24)

Adapun, PPKS yang dimaksud seperti Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ), difabel, anak terlantar, atau keluarga terlantar, KDRT dan masih banyak lagi. Terlantar yang dimaksud bukan terlantar secara fisik, namun lebih ke cara pengasuhan dari keluarga.

Pekerja sosial nantinya akan melakukan pantauan. Nantinya, setiap hari mereka mesti mengetahui perkembangan dari warga yang sudah ditetapkan sebagai PPKS tersebut.

Ia menjelaskan bahwa kelurahan memanglah mitra dari pekerja sosial tersebut, tapi pekerja sosial harus tetap memantau dan memperbarui kondisi mereka tiap jam 5 wita.

“Laporan itu harus mereka buat tiap hari, jadi terpantau juga perkembangannya,” katanya.

Pihaknya mengatakan bahwa pengadaan ini sedang berproses dan diharapkan pada agenda perubahan ini dapat dikabulkan.

Ia menjelaskan pekerja tersebut nantinya juga akan bekerjasama dengan dasawisma untuk melakukan jemput bola sedini mungkin, jangan sampai masalah tersebut sudah terjadi berlarut-larut baru diketahui.

“Untuk itu kami butuhkan dukungan dari semua belah pihak untuk memenuhi fasilitas ini, nggak mungkin petugas kami mau jalan kaki keliling kelurahan,” tutupnya

Print Friendly, PDF & Email

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
@media print { .stream-item-above-post } }