ADVERTORIALBERITAKUTAI TIMUR

Kutim Galang Upaya Tangkal Penyakit Lewat Pertemuan PD3I, Bupati: Imunisasi Kunci Kesehatan Anak

Longtime.id – Pemerintah Kabupaten Kutai Timur menggelar Pertemuan dan Advokasi Surveilans Penyakit Dapat Dicegah Dengan Imunisasi (PD3I), di ruang Meranti, kantor Bupati Kutim, Kamis (1/8/2024). Dorongan ini terkait munculnya kembali penyakit yang dapat dicegah dengan imunisasi yang terjadi di beberapa wilayah di Indonesia.

Pertemuan ini dihadiri oleh Bupati Kutim Ardiansyah Sulaiman dan berbagai pihak terkait dari rumah sakit, klinik, serta organisasi profesi kesehatan. Dalam sambutannya, Bupati  menekankan pentingnya kolaborasi antara lembaga kesehatan dan organisasi profesi untuk memperkuat sistem surveilans dan meningkatkan efektivitas program imunisasi di Kutim.

“Saya berharap semua pihak berperan aktif dalam mengedukasi betapa pentingnya imunisasi bagi tumbuh kembang anak. Jangan sampai ada masyarakat yang menolak karena ketidakpahaman mereka yang diakibatkan dari minimnya informasi,” tegas Bupati.

Bupati juga meminta Dinas Kesehatan untuk lebih gencar menginformasikan program PD3I ini melalui berbagai platform media dan menjalin kemitraan dengan organisasi profesi lainnya. Sedangkan kepada orang tua, ia mengimbau untuk rutin membawa anak-anak mereka ke posyandu. “Imunisasi itu untuk peningkatan kekebalan tubuh anak. Jangan sampai lupa ke posyandu,” imbaunya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kutim, dr. Bahrani, menjelaskan bahwa tujuan pertemuan ini adalah memperkuat koordinasi dan sinergi antara berbagai pihak dalam melaksanakan surveilans penyakit dan pencegahan melalui imunisasi. “Data surveilans PD3I penting untuk deteksi dini dan respons cepat terhadap penyakit yang dapat dicegah dengan vaksin. Ini juga membantu dalam mengidentifikasi area dengan cakupan imunisasi rendah,” ujar Bahrani.

Ia juga menekankan bahwa surveilans PD3I memainkan peran krusial dalam mendeteksi infeksi baru dan penyakit yang kembali muncul. “Melalui pertemuan ini, kami berharap akan terwujud langkah-langkah konkret untuk meningkatkan pelaksanaan program PD3I dan memperkuat upaya pencegahan penyakit di Kutai Timur,” tambahnya. (Adv)

Print Friendly, PDF & Email

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
@media print { .stream-item-above-post } }