ADVERTORIALBONTANG

Peringatan HAN ke-40, DP3AKB Bontang Gelar Seminar untuk Pelajar SMP dan SMA

Longtime.id – Salah satu rangkaian kegiatan yang dilakukan Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan Keluaga Berencana (DP3AKB) dalam peringatan Hari Anak Nasional (HAN) ke-40 yakni mereka melakukan seminar dengan tema ‘Agar Masa Remajamu Tidak Berlalu Sia-Sia’ pada tanggal 31 Juli 2024, bertempat di Balai Pertemuan Umum (BPU) Kecamatan Bontang Barat.

Kegiatan ini menghadirkan narasumber dr. Fakhruzzabadi. Dalam kesempatan itu, dokter yang bertugas di RS Amalia Bontang itu berbicara tentang pencegahan hubungan seksual pada usia anak. Selanjutnya, materi membahas tentang pencegahan dari bahaya Napza oleh BNN Kota Bontang Anne Aprina Sembayang, dan diakhiri materi terkait kematangan emotional pada remaja.

Kepala DP3AKB, Eddy Forestwanto menjelaskan bahwa kegiatan ini dihadiri oleh perwakilan dari peserta didik tingkat SMP dan SMA sederajat di Kota Bontang. Hal ini ia sasar kepada perwakilan pelajar agar diharapkan mereka akan menjadi agen maupun penyuluh kepada teman-teman disekitar mereka.

Selain itu ilmu-ilmu dasar ini dilakukan karena sesuatu yang besar biasanya dimulai dengan hal-hal yang kecil.

“Remaja, anak-anak itu memiliki rasa penasaran yang tinggi terhadap sesuatu. Misal, saat mereka ditanya siapa yang pernah berkendara tanpa helm, rata-rata mereka angkat tangan. Itu contoh hal yang ia lakukan sejak dini tapi bisa berdampak. Akhirnya ketika sudah dewasa dia menormalisai pelanggaran tersebut,” jelasnya.

Adapun tanggapan dari beberapa narasumber mengatakan agar kedepannya kegiatan seperti ini bisa menggapai komunitas yang lebih besar, karen tidak semua orang dapat menjadi penyuluh ke orang-orang sekitar.

Print Friendly, PDF & Email

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
@media print { .stream-item-above-post } }