ADVERTORIALBONTANG

Gelar Pelatihan Pemberkasan Surat, DPK Bontang Dorong Kemudahan dan Efektivitas Pemberkasan Arsip OPD

Longtime.id – Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) Bontang menggelar pelatihan konsultasi intensif terkait pemberkasan dengan aplikasi Sistem Informasi Kearsipan Dinamis Terintegrasi (SRIKANDI) yang digelar Selasa (30/7/24). Kegiatan ini diikuti perwakilan lintas OPD di lingkungan Pemkot Bontang.

Dua pemateri dihadirkan dalam kegiatan ini. Mereka adalah Muhammad Nur Sunusi dan Siti Fatimah yang merupakan admin Kota SRIKANDI dan arsiparis DPK Kota Bontang. Keduanya memberi penjelasan mendalam mengenai fitur dan tata cara penggunaan aplikasi, utamanya dalam pemberkasan surat masuk ke dinas-dinas.

“Selama ini berkas surat selalu ditumpuk, ada yang lima sampai sepuluh tahun, sangat tidak elok dilihat tumpukan disisi-sisi ruangan. Jadi di Srikanti surat sudah berbentuk digital,” ujar Kepala DPK Retno Febriaryanti ketika ditemui di kantornya belum lama ini.

Dia menjelaskan, keberadaan aplikasi ini bakal mereduksi keberadaan surat dalam bentuk konvensional (kertas) lantaran seluruh pemberkasan, surat-menyurat bakal dilakukan melalui Srikandi. OPD yang menerima surat nantinya dapat mengubah surat digital tersebut menjadi arsip. Hal ini dinilai bakal memudahkan karena lebih efektif ketimbang bersurat secara manual.

“Hemat bensin, kertas, tinta. Nantinya kepala bidang atau kepala dinas yang akan memonitor apakah ada surat permintaan atau tidak,” ujarnya.

Retno membeber, lantaran surat-menyurat banyak dilakukan secara konvensional, sejumlah OPD bahkan sampai harus menyewa ruko guna menyimpan arsip mereka. Keberadaan pemberkasan surat melalui Srikandi diharap bakal mempermudah pengerjaan arsip tiap OPD.

Print Friendly, PDF & Email

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
@media print { .stream-item-above-post } }