ADVERTORIALBERITABONTANG

Wujudkan Inklusi Sosial, DPK Bontang Segera Bentuk Agen Literasi Tiap Kelurahan

Longtime. Id – Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) Bontang terus berupaya meningkatkan minat baca masyarakat dan mewujudkan inklusi sosial. Salah satunya dalam waktu dekat pihaknya akan membentuk agen literasi.

Kepala DPK Bontang, Retno Febriaryanti melalui Kepala Bidang Perpustakaan DPK Bontang, Indra Nopika Wijaya mengatakan bahwa hal ini ingin segera ia realisasikan agar makin banyak masyarakat yang sadar akan pentingnya literasi dalam bentuk membaca maupun praktik langsung.

Oleh sebab itu, ia ingin membuat agen literasi yang nantinya akan memiliki tugas tidak jauh dari para petugas perpustakaan daerah yang melakukan pemberdayaan masyarakat dengan adanya inklusi sosial.

“Telah membicarakan itu dengan perpustakaan nasional (Perpusnas) untuk membicarakan sistem kerja dari agen literasi,” ungkap Kepala Bidang Perpustakaan DPK Bontang, Indra Nopika Wijaya, saat ditemui di Kantor DPK Bontang, Jalan HM Ardans, Kelurahan Satimpo, Kecamatan Bontang Selatan, Kamis (04/07/2024).

Indra akrab disapa memaparkan bahwa agen literasi ini akan dibentuk setiap kelurahan di Bontang. Alasannya di seluruh kelurahan, karena lebih dekat dan akan langsung menyentuh ke masyarakat.

“Dengan hadirnya di masing-masing kelurahan, dapat langsung tersentuh semua wilayah untuk inklusi sosial,” ucapnya.

Ia juga menjelaskan bahwa sebenarnya di tiap kelurahan inklusi sosial sudah berjalan sebelum dibentuknya agen literasi, hanya saja diharapkan dengan bantuan agen literasi, kegiatannya dapat lebih berencana dan terarah.

Selain agen literasi, pihaknya juga telah memiliki bunda literasi, yang merupakan para istri lurah, namun mereka belum memaksimalkan peran mereka karena adanya kesibukan tersendiri.

“Penting mengarahkan inklusi sosial agar dapat berkelanjutan, jadi tidak hanya dapat pelatihan sekali terus selesai,” tambahnya.

Print Friendly, PDF & Email

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
@media print { .stream-item-above-post } }