ADVERTORIALBERITABONTANG

Minat Baca Masyarakat di Pusling Tinggi, DPK Bontang Akan Tambah Armada

Longtime.id – Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) Bontang akan menambah armada Perpustakaan keliling (Pusling) miliknya tahun depan. Hal ini melihat minat baca masyarakat Kota Taman di Pusling tinggi.

Berdasarkan data DKP Bontang, pengunjung Pusling hingga Mei tahun ini sudah tercatat sebanyak 3.475 pengunjung.

Data tersebut, hampir menyamai angka pengunjung Pusling pada 2023 lalu. Total pengunjung tahun lalu sebanyak 4.109.

Kepala Bidang Perpustakaan DPK Bontang, Indra Nopika Wijaya mengatakan 2025 mendatang pihaknya akan melakukan pengadaan satu mobil lagi untuk perpustakaan keliling yang baru, dan beberapa motor tiga roda yang juga dijadikan sebagai perpustakaan keliling.

Alasannya menambah motor, lantaran jika menggunakan mobil maka jangkauannya tidak bisa menyeluruh, sementara motor mobilisasinya tinggi dapat masuk ke daerah gang-gang kecil.

“Kalau mobil kan besar ya, jadi kita terbatas mau bawa buku-buku itu, ini merupakan inovasi kita semua di DPK, jadi yang rumahnya jauh atau di dalam gang bisa baca buku,” jelas Kepala Bidang Perpustakaan DPK Bontang, Indra Nopika Wijaya, saat ditemui di Kantor DPK Bontang, Jalan HM Ardans, Kelurahan Satimpo, Kecamatan Bontang Selatan, Kamis (04/07/2024).

Ia berharap jumlah motor yang akan diberikan bisa sebanyak kelurahan di Kota Taman, sehingga satu kelurahan bisa mendapatkan layanan satu perpustakaan keliling. Tidak harus satu mobil saja yang beroperasi dan dibawa kemana-mana.

“Kalau sesuai jadwal, sekolah-sekolah yang kami datangi harus menunggu waktu lama lagi untuk mendapat giliran kerena terbatasnya sarana tersebut,” ujarnya

Selain itu, penambahan armada Pusling ini juga, lantaran salah satu mobil Pusling sudah uzur sehingga kerap kali mengalami kerusakan, oleh sebab itu pelayanan Pusling sering kali hanya menggunakan satu mobil saja.


“DPK Bontang itu memiliki dua mobil Pusling,” katanya.

Print Friendly, PDF & Email

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
@media print { .stream-item-above-post } }