ADVERTORIALBERITAKUTAI TIMUR

Kesabngpol Kutim Berikan Pendidikan Politik ke Mahasiswa STAIS Jelang Pemilu 2024

Longtime.id – Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Kutai Timur (Kutim) menggelar Sosialisasi Pendidikan Politik bagi mahasiswa Sekolah Tinggi Agama Islam Sangatta (STAIS) Kutim.

Kegiatan yang bertujuan untuk meningkatkan peran aktif mahasiswa dalam mensukseskan pemilu dan pilkada serentak tahun 2024 itu dilaksanakan di Masjid STAIS Sangatta, Jalan Soekarno Hatta, Kecamatan Sangatta Utara, Selasa (30/05/2023).

Mengusung tema “Partisipasi aktif mahasiswa dalam mensukseskan Pemilu dan Pilkada serentak tahun 2024” acara tersebut dibuka oleh Asisten Pemerintahan Umum dan Kesejahteraan Rakyat (Pemkesra) Poniso Suryo Renggono.

Mengawali sambutannya, Asisten Pemerintahan Umum dan Kesejahteraan Rakyat (Pemkesra) Poniso Suryo Renggono menyampaikan apresiasi setinggi-tingginya terhadap kegiatan yang telah diadakan oleh Kesbangpol Kutim ini. Mengingat, mahasiswa memiliki peranan yang sangat penting jelang keberlangsungan Pemilu dan Pilkada serentak tahun 2024 nanti.

“Mahasiswa STAIS Kutim khususnya, harus mempunyai peran, yaitu paling tidak memberikan informasi pada masyarakat terkait aturan-aturan main di dalam penyelenggaraan Pemilihan Umum Legislatif, Pemilihan Presiden dan Pemilihan Kepala Daerah serentak tahun 2024 mendatang” ucapnya.

Lebih jauh lagi, Poniso juga mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan salah satu bentuk komitmen bersama bangsa, dimana setiap pihak yang terlibat harus ikut andil dalam mensukseskan pesta politik ini. Ia berharap, kedepannya mahasiswa STAIS Kutim ini bisa menjadi pelopor dalam rangka mengawal jalannya pesta demokrasi (Pileg dan Pilpres) yang akan dilaksanakan serentak pada bulan november tahun 2024 mendatang.

Ada 3 poin penting yang ia sampaikan dalam sambutannya, pertama yaitu memberikan informasi mengenai aturan-aturan main jelang Pileg dan Pilkada serentak mendatang, kedua ialah menekan berita-berita hoax yang biasa berseliweran di masyarakat yang bisa menyesatkan dan membuat suasana menjadi tidak kondusif.

“Terakhir, memberikan informasi kepada masyarakat terkait pemimpin-pemimpin yang layak dijadikan pemimpin atau dipilih. Oleh karena itu, harapannya kita STAIS Kutim ini terkait dengan pendidikan politik ini bisa memberikan kontribusi serta membuat suasana adem atau nyaman di masyarakat terkait pesta demokrasi yang akan dilaksanakan tahun depan ini ” ujarnya kepada awak media.

Sebelumnya, Ketua STAIS Kutim, Satriah menyampaikan, mahasiswa dan mahasiswi merupakan bagian dari masyarakat yang juga secara administratif telah memenuhi persyaratan sebagai warga negara yang memiliki hak pilih. Menurutnya, ada hal yang perlu dipahami oleh mahasiswa, terkait peran mereka di ranah kepemiluan ini.

“Adalah terkait cara memberikan informasi di lingkungan sekitarnya terhadap berita-berita yang kebenarannya masih dipertanyakan, tidak dipungkiri lagi mahasiswa/mahasiswi STAIS ini banyak ikut serta dalam penyelenggaraan Pilkada, untuk itu momen ini sangat penting untuk memberikan pemahaman kepada mereka agar lebih matang lagi dalam menghadapi pesta rakyat tahun 2024 yang akan datang” ujar Satriah. (Red)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button