ADVERTORIALBERITABONTANG

Hubungan Industrial Perusahaan dan Buruh Perlu Dibangun

Andi Faizal Sofyan Hasdam. (Dok. Longtime.id)

Longtime.id – Ketua DPRD Bontang, Andi Faizal Sofyan Hasdam turut berkomentar soal hari buruh, 1 Mei 2023. Politikus Golkar tersebut menilai, momentum tersebut mustinya catatan penting dalam mewujudkan peningkatan kesejahteraan pekerja.

Maka, hubungan industrial antara perusahaan dan pekerja menurutnya perlu dibangun agar iklim investasi dan kesejahteraan buruh juga tetap terjaga. “Apalagi Bontang merupakan kota industri. Sehingga perlu perhatian semua pihak dalam menyejahterakan pekerja,” tuturnya, Senin (1/5).

Andi Faizal bahkan menyoroti soal lapangan pekerjaan dan penyerapan tenaga kerja lokal yang kerap menjadi masalah. Salah satu contoh, yakni menggunakan tenaga kerja luar. Padahal jelas dalam Peraturan daerah (Perda) nomor 10 tahun 2018 tentang perubahan atas Perda nomor 1/2009 tentang rekrutmen dan penempatan tenaga kerja. 

“Perusahaan diwajibkan menerima sebanyak 75 Persen tenaga lokal. Namun perusahaan sub-kontraktor sering membawa pekerja luar, ini menjadi persoalan yang menyulitkan buruh di Kota Bontang memperoleh pekerjaan,” tegasnya.

Ia mendorong pemerintah agar berperan aktif dalam melakukan pengawasan terhadap perusahaan yang akan membuka lowongan, atau pembangunan pabrik di Bontang.

“Kami juga pasti rutin melalukan pengawasan dengan melakukan rapat gabungan pimpinan dan memanggil pihak-pihak terkait. Terutama disnaker hingga perusahaan. Kami mengingatkan untuk memprioritaskan tenaga kerja loka,” imbuhnya. (Adv/DPRD)

Print Friendly, PDF & Email

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
@media print { .stream-item-above-post } }