BONTANG

Lestarikan Budaya, Yassier Arafat Dukung Race Laut di Berbas Pantai

Foto: Pemenang lomba ketinting berfoto bersama Yaser Arafat usai menerima piala dan uang pembinaan. (Dok. Longtime.id)

Longtime.id – Momentum libur lebaran dimanfaatkan pemuda Berbas Pantai dengan menggelar lomba balap ketingting (race laut). Perlombaan ini didukung penuh Anggota DPRD Bontang, Yassier Arafat.

Pelaksanaan balap ketingting berlangsung 5-8 Mei 2022. Selain memperebutkan piala, peserta lomba yang berprestasi juga mendapatkan uang pembinaan jutaan rupiah.

Ketua panitia, Abdul Wahid menyampaikan lomba ketinting tersebut merupakan tradisi turun-temurun selama puluhan tahun bagi nelayan, tujuannya untuk berkumpul serta bersilaturahmi.

Dahulu, nelayan di Kelurahan Berbas Pantai biasa mengisi libur lebaran atau tahun baru dengan adu tangkas balap ketingting. Namun, kala itu belum terkoordinasi secara profesional. 

Seiring waktu berjalan, balap ketingting itu tetap lestari dan berkembang menjadi event tahunan yang digagas oleh sejumlah pemuda yang ada di Kelurahan Berbas Pantai.

“Kegiatan ini sebenarnya ajang silaturahmi untuk para nelayan. Kami jadikan tradisi tahunan. Sudah berlangsung sekira 20 tahun,” jelas Abdul Wahid.

Seperti tahun sebelumnya, lomba balap ketingting selalu mendapat antusias dari masyarakat. Dari data panitia, jumlah peserta secara keseluruhan mencapai 44 orang.

“Kami bagi tiga kategori. Dua umum dan satu lokal. Babak penyisihan, peserta bertanding selama 4 putaran, dengan jarak tempuh 1 kilometer. Di babak final 5 putaran,” kata Abdul Wahid.

Pun demikian, antusiasme warga terlihat tinggi. Nampak ratusan warga yang memadati jembatan untuk bersorak-sorak dan memberikan semangat kepada peserta.

Sementara itu, Yassier Arafat menuturkan kegiatan race laut patut mendapat apresiasi atas semangat para pemuda dan nelayan. Menurutnya race laut sudah menjadi ciri khas dalam perlombaan bidang kapal di Berbas Pantai.

“Luar biasa antusias peserta dan penonton yang hadir. Saya sangat mengapresiasi warga dan panitia di sini yang telah meramaikan dan memberikan hiburan menarik untuk warga. Dan ini akan menjadi agenda rutin,” pungkasnya. (adv/fjr/mam)

Print Friendly, PDF & Email

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
@media print { .stream-item-above-post } }