BERITAADVERTORIALPOLITIK

Darlis Pattalongi Usulkan Evaluasi Kurikulum demi Pendidikan yang Inklusif dan Tepat Sasaran

Longtime.id – Sebagai upaya memenuhi hak anak atas pendidikan yang sesuai dengan kemampuan masing-masing, Sekretaris Komisi IV DPRD Kaltim, Darlis Pattalongi, menyarankan agar kurikulum pembelajaran di sekolah dievaluasi secara menyeluruh.

Darlis menekankan bahwa sistem pembelajaran tidak boleh menyamaratakan kemampuan seluruh siswa. Setiap anak, menurutnya, memiliki potensi dan kebutuhan belajar yang unik.

“Kita perlu lebih dalam mengamati proses belajar mengajar. Tidak bisa dianggap semua siswa berada di tingkat yang sama,” ucapnya.

Darlis menekankan pentingnya bagi sekolah untuk mengenali kekuatan dan hambatan siswa sejak dini, sehingga dapat memberikan dukungan yang lebih tepat dan spesifik.

Lebih lanjut, Darlis mengungkapkan kekhawatirannya terhadap kondisi siswa yang mengalami kesulitan dalam membaca atau keterampilan dasar lainnya, namun tetap naik kelas tanpa penanganan khusus.

“Jika seorang siswa belum bisa membaca di kelas 6, ini menunjukkan adanya kealpaan dalam evaluasi proses pembelajaran. Seharusnya, ada pemeriksaan lebih lanjut untuk mendeteksi apakah ada kebutuhan khusus yang harus dipenuhi,” tuturnya..

Terakhir, Ia menekankan pentingnya identifikasi dini terhadap hambatan belajar, termasuk gangguan mental atau kesulitan kognitif lainnya. Untuk itu, diperlukan pendekatan dan terapi khusus agar siswa tetap dapat mengikuti pendidikan secara optimal.

“Mereka harus diberikan pendampingan sesuai kebutuhan agar tetap dapat mengikuti pendidikan dengan baik,” pungkasnya. (Adv/Sb/Mam/DPRDKaltim)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
@media print { .stream-item-above-post } }